Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang tentu menginginkan kulit yang sehat dan terawat. Namun, melakukan perawatan kulit saja tidak cukup untuk menjaga kesehatannya. Anda juga harus memulai memperhatikan kebiasaan sehari-hari Anda.

4 Kebiasaan Buruk yang Memengaruhi Kulit Anda

Photo Credit: Flickr.com/tommerton2010

Seperti yang dilansir dari Womens Health Mag, ada beberapa kebiaasan buruk yang dapat mempengaruhi kebiasaan Anda. Berikut ini 5 diantaranya.

1. Lupa Mencuci Wajah

Setelah beraktifitas seharian, terkadang memang rasanya ingin segera lompat ke atas tempat tidur dan langsung istirahat. Namun, sebaiknya Anda mulai menghindari kebiasaan ini, ya. Mencuci wajah sebelum tidur sangat penting untuk menghapus kotoran dan make up yang tersisa. Jika tidak dilakukan, pori-pori akan tersumbat oleh kotoran dan make up sehingga dapat menimbulkan jerawat.

2. Terlalu Banyak Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit mengandung berbagai bahan yang dapat membantu menjaga dan merawat kondisi kulit Anda. Namun, terlalu banyak produk juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Misalnya, produk berbahan retinol banyak digunakan untuk mencegah kerutan, dan benzoyl peroxide baik untuk melawan jerawat. Namun ketika kedua bahan ini digunakan bersamaan, kulit akan menjadi kering dan meningkatkan risiko iritasi. Bertahanlah dengan satu produk yang memang cocok untuk Anda dan jangan terlalu banyak menggunakan beragam jenis produk.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Tidur Tengkurap

Siapa sangka jika ternyata tidur tengkurap juga dapat mempengaruhi penampilan, lho. Ketika tidur dengan wajah menghadap ke bawah, gravitasi akan menarik cairan pada wajah sehingga membuat kulit mengendur dan mata terlihat bengkak. Biasakan untuk tidur telentang untuk menghindari hal ini.

4. Kurang Minum Air

Kebiasaan lain yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan kulit adalah hidrasi. Ketika Anda kekurangan air, kulit akan kehilangan kekencangan dan kekenyalannya. Bahkan, kurang minum dapat membuat kulit terlihat keriput dan cekung pada area di sekitar mata. Jadi, basakan untuk selalu minum cukup air putih setiap hari untuk menjaga tubuh dan kulit Anda tetap terhidrasi.

Dari keempat kebiasaan di atas, mana yang masih sering Anda lakukan? Yuk mulai kurangi kebiasaan buruk tersebut, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi