Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah pernahkah Anda mencoba susu almond? Jika belum, maka mungkin Anda patut mencobanya, karena susu almond memiliki kandungan gizi unggul yang baik untuk tubuh. Apa sajakah itu?

4 Kandungan Gizi Unggulan Susu Almond

Susu almond sebagai susu nabati merupakan pilihan susu yang tepat untuk banyak kondisi tertentu, misalnya untuk orang yang alergi susu hewani atau intoleransi laktosa, vegetarian atau untuk pengganti dan variasi susu dari hewani.

Meskipun tidak memiliki kandungan protein sebaik susu hewani, susu almond tetap memiliki banyak keunggulan, diantaranya:

1. Rendah kalori

Susu almond memiliki kandungan kalori yang cukup rendah yaitu 30-60 kalori dalam satu sajinya. Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Obesity and Related Metaboilc Disorder menyebutkan bahwa kandungan kalori yang rendah dari susu almond lebih cocok digunakan untuk diet penurunan berat badan dibandingkan dengan susu hewani rendah lemak.

2. Vitamin B2

Kandungan vitamin B2 yang tinggi pada kacang almond membuat susu almond memiliki kandungan vitamin B2 yang tinggi pula. Menurut penelitian yang dipublikasikan Institute of Health vitamin B2 mampu membantu melepaskan energi dari karbohidrat lebih cepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Vitamin A, D dan kalsium

Kandungan vitamin A, D dan kalsium pada kacang almond memang tidak terlalu tinggi, namun dengan pemrosesan dan fortifikasi, kandungan vitamin A dan D pada susu almond menjadi cukup tinggi. Sedangkan kandungan kalsium yang ada pada susu almond umumnya sama dengan kandungan kalsium yang ada pada susu sapi.

4. Rendah sodium

Dibandingkan dengan susu sapi, susu almond memiliki kandungan sodium yang lebih rendah. Hal ini tentu baik untuk mengontrol tekanan darah tubuh utamanya untuk penderita hipertensi.

Nah, itu dia empat kandungan gizi unggul yang ada pada susu almond. Melihat banyaknya kandungan gizinya, tertarikkah Anda mencobanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi