Terbit: 12 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com
Hamil bukan berarti wanita tidak boleh memerhatikan penampilan. Justru ketika hamil ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar penampilan ibu hamil tetap menarik dan memberikan rasa percaya diri. Salah satunya adalah soal sepatu. Apa sepatu yang cocok digunakan saat hamil?

4 Jenis Sepatu yang Aman Bagi Ibu Hamil

Jenis sepatu yang aman bagi ibu hamil

Saat hamil, ibu hamil disarankan untuk lebih berhati-hati ketika melangkah. Semakin besar perut ibu hamil, maka akan semakin sulit untuk menjaga keseimbangan dan nyeri punggung semain terasa, karena itu ibu hamil disarankan untuk memilih sepatu yang nyaman.

Beberapa jenis sepatu yang nyaman untuk ibu hamil di antaranya:

1. Sepatu hak rata (flat shoes)
Sepatu flat shoes umumnya dibuat dari bahan yang lentur dan mengikuti bentuk telapak kaki. Yang membuat sepatu ini aman bagi ibu hamil adalah hak sepatunya yang rata dan rendah sehingga membuat ibu lebih aman berpijak dan melangkah.

2. Wedges
Nah, bagi Anda yang tidak percaya diri jika tidak menggunakan sepatu hak tinggi, Anda bisa menggunakan wedges. Wedges adalah jenis sepatu hak tinggi dengan hak yang datar dan penuh mulai dari jempol hingga tumit. Anda tetap bisa menapak dengan nyaman dan berat badan tidak menumpu sepenuhnya pada kedua kaki. Sekadar tips, pilih yang haknya tidak terlalu tinggi dan memiliki sol yang cukup lebar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Sepatu kets
Sepatu kets bisa Anda gunakan untuk acara sehari-hari yang bertema kasual. Selain memiliki hak yang pendek dan rata, sepatu kets juga dapat melindungi kaki Anda dengan penuh. Menggunakan sepatu kets juga aman bagi peredaran darah di kaki asalkan Anda tidak terllau kencang mengikatnya.

4. Sepatu sandal
Sepatu sandal merupakan solusi bagi Anda yang mengalami kaki bengkak selama kehamilan. Pilih sepatu sandal dengan sol yang tidak licin dan hindari sepatu sandal yang harus dikunci atau dikait.

Anda dapat menyesuaikan jenis sepatu di atas dengan jenis acara dan aktivitas Anda. Jika merasa pilihan sepatu di atas masih kurang nyaman, Anda bisa menggunakan sandal yang lebih terbuka. Yang terpenting, hindari menggunakan sepatu atau sandal berhak tinggi terlalu lama selama hamil dan hindari menggunakan alas kaki yang sempit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi