Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kulkas merupakan salah satu tempat untuk menyimpan makanan agar tidak mudah basi ataupun busuk. Seringkali, berbagai macam makanan dimasukkan ke dalam kulkas, mulai dari sayuran, buah-buahan, kue, dan masih banyak jenis makanan lainnya.

4 Jenis Makanan yang Seharusnya tidak Disimpan di dalam Kulkas

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tidak semua jenis makanan bisa Anda masukkan ke dalam kulkas? Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi kesegaran dari makanan itu sendiri. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh Anda simpan di dalam kulkas.

1. Kentang

Makanan yang mengandung karbohidrat baik ini mungkin akan Anda konsumsi saat ingin menurunkan berat badan sebagai pengganti nasi. Umumnya, Anda akan membelinya dalam jumlah yang cukup banyak. Karena tidak ingin kentang yang Anda beli membusuk, lantas Anda menyimpannya di dalam kulkas. Sebenarnya, yang Anda lakukan adalah salah, sebab kentang sebaiknya tidak di simpan dalam kulkas karena suhu dingin dalam kulkas dapat mengubah zat pati pada kentang menjadi gula yang justru akan memberikan efek kurang baik saat mengonsumsinya. Sebaiknya Anda menyimpan kentang dalam kantong kertas yang sejuk di dapur dan terhindar dari sinar matahari langsung.

2. Tomat

Mungkin sebagian orang masih menyimpan tomat di dalam kulkas karena tidak ingin cepat busuk. Namun, dengan menyimpan tomat di dalam kulkas, maka rasa segar pada tomat akan berkurang dan membuat tomat menjadi kusam. Hal ini disebabkan oleh suhu dingin dalam kulkas mampu mengubah susunan kimia dalam tomat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyimpan tomat di atas meja agar terasa lebih segar.

3. Saus Pedas

Saus pedas sebaiknya tidak perlu disimpan dalam kulkas. Sebab, saus pedas mengandung zat asam dan pengawet yang berfungsi agar tidak mudah rusak saat disimpan. Namun, jika Anda menyimpannya di dalam kulkas, maka saus pedas tersebut akan kehilangan rasa pedasnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Bawang Merah

Bumbu dapur yangs satu ini masih menjadi primadona di dapur karena bisa menciptakan rasa lezat pada masakan. Bawang merah yang masih utuh sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas karena rasa segar pada bawang merah tersebut akan berkurang. Sama halnya dengan kentang, akan lebih baik jika menyimpan bawang merah di dalam kantong kertas yang diberi lubang-lubang kecil.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi