DokterSehat.Com– Penuaan dini adalah salah satu mimpi buruk bagi setiap orang, khususnya wanita. Bagaimana tidak, ketika wajah mengalami penuaan di usia muda, tentunya bisa mengurangi ketampanan atau kecantikan wajah. Dan hal itu diklaim bisa mengurangi rasa percaya diri, terlebih jika harus berhadapan dengan orang lain. Maka tak heran, begitu banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menghindari terjadi penuaan dini.

doktersehat-mencegah-penuaan-dini

Banyak cara yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut, mulai dari penggunaan produk kecantikan, terapi wajah, bahkan yang lebih ekstrem melakukan operasi. Padahal ada cara mudah untuk menghindari penuaan dini. Cara itu adalah dengan menerapkan pola hidup sehat yang salah satu metodenya adalah membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat.

Apa saja jenis makanan yang bisa mencegah penuaan dini? Berikut diantaranya:

1. Delima

Delima adalah salah satu buah yang dipercaya bisa mencegah terjadinya penuaan dini jika dikonsumsi secara rutin. Hal tersebut dikarenakan delima memiliki senyawa polifenol yang ampuh dalam melawan radikal bebas. Kemudian, delima juga memiliki vitamin C yang cukup baik untuk melindungi kulit dari terik matahari. Selain itu, ada sebuah senyawa yang bernama pulicanagin di dalam daging delima yang terbukti bisa membantu tubuh dalam menyimpan kolagen.

2. Bayam

Selain kaya akan zat besi dan serat, ternyata jenis sayur yang satu ini juga memiliki kandungan fitorutrien yang bisa menjaga keremajaan tubuh seseorang. Semakin sering mengonsumsi bayam, maka tubuh seseorang akan semakin kuat dan resisten terhadap sinar UV matahari. Lantas, kandungan beta karoten pada bayam juga bisa mengontrol suhu atau kelembapan pada kulit Anda.

3. Cokelat

Cokelat adalah makanan manis yang digemari oleh sebagian orang, khususnya wanita. Di balik rasanya yang membuat ketagihan, ternyata camilan yang satu ini sangat kaya akan antioksidan yang dipercaya bisa memberikan efek baik pada kesehatan kulit seseorang. Namun, usahakan memiliki dark chocolate atau cokelat hitam karena tidak mengandung bahan atau senyawa lainnya.

4. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh seseorang. Dengan rutin mengonsumsi ikan, fisik menjadi lebih kuat dan otak menjadi lebih cerdas. Selain itu, ikan yang kaya akan omega 3 layaknya salmon atau tuna dipercaya bisa memperkuat membran sel pada kulit sehingga terhindar dari penuaan dini.