Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Melahirkan adalah sebuah proses keluarnya janin dari dalam rahim. Proses melahirkan sendiri bisa normal (melalui vagija) maupun sesar (sayatan perut). Setelah menjalani proses melahirkan, tidak sedikit wanita yang merasa lemas dan pucat karena banyaknya darah yang keluar pada saat proses melahirkan tersebut.

4 Jenis Makanan yang baik Dikonsumsi Pasca Melahirkan

Mengingat kondisi seperti itu, membuat mereka tidak bisa melakukan aktivitas berat dan hanya diperbolehkan untuk istirahat total hingga pulih. Untuk membuat tubuh menjadi pulih pasca operasi sangatlah tidak mudah. Dibutuhkan waktu untuk beristirahat, serat mengonsumsi makanan yang bergizi sebagai pengganti tenaga dan darah yang keluar saat proses melahirkan.

Lalu, apa saja makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh wanita untuk memulihkan kondisi kesehatan dan kesegaran pasca melahirkan? Berikut adalah 4 makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang baru saja menjalani proses melahirkan agar kondisi mereka kembali pulih.

1. Ikan Salmon

Seperti yang Anda ketahui bahwa ikan salmon memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak protein serta nutrisi penting lainnya. Selain itu, ikan salmon juga bisa meningkatkan kesuburan seseorang yang mendambakan keturunan setelah menikah. Ternyata, ikan ini juga bermanfaat untuk memulihkan kondisi Anda pasca melahirkan. Tidak hanya itu, ikan salmon mengandung DHA, yakni zat yang sangat penting untuk peruses pengembangan bayi.  Zat DHA ini dapat digunakan pada saat proses pemberian ASI pada bayi Anda. Kandungan nutrisi pada ikan salmon juga dapat mengurangi risiko terjadinya sindrom baby blues yang biasanya terjadi pada wanita pasca melahirkan.

2. Beras Merah

Anda pasti setuju jika beras merah merupakan makanan yang sehat dan lebih sehat daripada nasi putih. Beras merah memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama saat sedang menurunkan berat badan. Beras ini memberikan efek kenyang lebih lama dan mengandung gula yang sedikit dibanding dengan nasi putih. Beras merah juga baik untuk Anda yang baru saja melahirkan dan ingin menurunkan berat badan. Karena selama masa kehamilan, berat badan Anda pasti melonjak naik. Mengonsumsi beras merah juga merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga agar tingkat energi dalam tubuh tidak menurun sehingga produksi ASI akan lancar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang berfungsi untuk menjaga tulang tetap sehat dan membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi. Bagi Anda yang baru saja melahirkan, perbanyaklah mengonsumsi telur secara rutin agar protein yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.

4. Kacang-Kacangan

Makanan sehat terakhir yang baik dikonsumsi pasca melahirkan adalah kacang-kacangan. Biasanya, banyak yang mengonsumsi bubur kacang hijau untuk meningkatkan kualitas ASI. Memang benar, bubur kacang hijau sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh, serta meningkatkan kuantitas ASI yang dihasilkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi