Terbit: 13 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Ada yang memiliki golongan darah A, B, AB, dan O. Golongan darah ini juga mempengaruhi makanan apa saja yang boleh dikonsumsi. Anda mungkin pernah mendengar tentang diet berdasarkan golongan darah, bukan? Diet tersebut memang memiliki konsep unik, yakni mengonsumsi makanan dan minuman yang hanya sesuai dengan golongan darah yang dimiliki saja.

4 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi oleh Golongan Darah O Tanpa Harus Takut Gemuk

Lalu, bagaimana dengan Anda yang memiliki golongan darah O? Bagi Anda yang memiliki golongan darah O, ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi tanpa harus takut menjadi gemuk. Beberapa makanan tersebut antara lain:

1. Susu Kedelai

Seseorang yang sedang dalam proses penurunan berat badan tidak boleh mengonsumsi protein dari olahan susu, terutama bagi Anda yang memilki golongan darah O. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa meminum susu sama sekali. Pasalnya, ada salah satu jenis susu yang bisa Anda konsumsi dengan aman, yakni susu kedelai.

2. Apel

Buah yang kaya akan serat ini memang sangat bagus dikonsumsi ketika sedang ingin menurunkan berat badan. Sebab, mengonsumsi buah apel akan memberikan efek kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Bagi Anda yang memiliki golongan darah O, Anda bebas mengonsumsi buah ini setiap saat.

3. Nasi

Nasi merupakan hal utama yang paling dihindari oleh para pelaku diet. Sebab, nasi mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi. Mengonsumsi nasi terlalu banyak dapat menyebabkan berat badan naik secara drastis. Selain itu, risiko timbulnya penyakit diabetes akan semakin meningkat. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang bergolongan O, karena Anda bisa masih bisa mengonsumsi nasi tanpa harus takut gemuk.

4. Ati Ampela

Selain dagingnya yang sangat lezat, ati ampela juga merupakan bagian dari ayam yang banyak disukai. Akan tetapi, sebaiknya konsumsi ati ampela dihindari pada saat sedang dalam proses penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan ati ampela mengandung lemak dan kolesterol yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan terhambatnya proses pembakaran lemak dalam tubuh, terutama pada perut dan paha. Namun, bagi Anda yang memiliki golongan darah O, Anda bebas mengonsumsi makanan ini tanpa harus takut gemuk.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi