Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi yang sedang dalam proses  menurunkan berat badan, tentunya akan menghindari berbagai makanan manis. Hal tersebut dikarenakan makanan manis  dipercaya bisa meningkatkan berat badan sehingga menggagalkan proses diet. Selain itu, makanan manis juga akan berbahaya bagi kesehatan karena dapat menimbulkan penyakit diabetes serta gigi keropos jika dikonsumsi secara berlebihan.

4 Jenis Makanan Manis yang Aman untuk Dikonsumsi

Photo Credit: pexels.com

Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih untuk menghindari makanan manis, namun tidak sedikit pula dari mereka yang masih tetap mengkonsumsi makanan manis meskipun sudah mengetahui dampak buruknya.

Bagi Anda pecinta makanan manis, jangan khawatir lagi. Karena ada beberapa makanan manis yang aman untuk dinikmati tanpa menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.

1. Anggur Beku

Jika Anda menyukai permen yang rasanya manis namun sangat takut gemuk, Anda dapat menggantinya dengan anggur beku. Anggur beku juga memiliki rasa yang tak kalah enak dari permen, teksturnya yang renyah dan rasanya juga manis. Selain itu, anggur beku juga baik untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Pisang Beku Cokelat

Selain anggur beku, Anda bisa mengganti permen dengan pisang yang dicelupkan ke dalam cokelat hitam. Seperti yang Anda tahu bahwa cokelat hitam atau dark chocolate aman dikonsumsi. Anda bisa melelehkan cokelat hitam dan mencelupkan pisang ke dalamnya. Jika Anda tidak menyukai pisang, Anda bisa menggantinya dengan buah yang lain.

3. Buah Kering

Makanan manis berikutnya yang aman dikonsumsi adalah buah kering. Buah kering mengandung kalori yang lebih sedikit daripada permen. Selain itu, buah kering juga mengandung serat dan mineral lebih banyak. Akan tetapi, buah kering ternyata mengandung lebih banyak kalori dibanding dengan buah segar. Untuk itu, jika Anda ingin mengonsumsi buah kering, campurkan dengan berbagai jenis kacang-kacangan untuk menambah protein dan mengurangi jumlah gulanya.

4. Greek Yogurt dengan Madu dan Buah

Seperti yang Anda tahu bahwa greek yogurt memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Karena rasanya yang sedikit asam, Anda bisa mengonsumsi greek yogurt dengan ditambahkan madu dan potongan buah segar. Jenis yogurt ini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral. Sehingga, camilan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi