Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini umumnya disebabkan karena naiknya gula darah dalam tubuh yang dipicu dengan pola hidup yang kurang sehat, terutama pada pola makan.

4 Jenis Kimia yang Mampu Meningkatkan Risiko Diabetes

Kebiasaan mengonsumsi makanan masih secara berlebihan mampu meiningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, paparan zat-zat kimia yang berada di sekitar juga bisa menjadi penyebab timbulnya panyakit ini. Beberapa zat kimi yang bisa menyebabkan penyakit diabetes, diantaranya:

1. Merkuri

Zak kimia merkuri tentunya sudah cukup popular di telinga kita, terutama bagi kaum wanita. Hal ini dikarenakan ada beberapa produk kecantikan yang mengandung zat merkuri. Produk kecantikan tersebut merupakan produk abal-abal atau palsu. Padahal, zat merkuri merupakan racun lingkungan yang bisa menyebabkan perubahan jaringan tubuh dan menjadi penyebab masalah kesehatan yang sangat berbahaya. Kandungan merkuri yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkaktkan risiko penyakit diabetes.

2. Pestisida

Pestisida merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk melindungi tanaman dari hama, bakteri atau jamur. Zat kimia ini biasanya digunakan dengan cara disemprotkan ke tanaman. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa zat pestisida yang masih menempel pada tanaman yang tanpa sadar kita konsumsi ternyata dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes, sehingga akan lebih baik jika penggunaan pestisida pada tanaman dikurangi.

3. Arsenik

Mungkin secara tidak sadar Anda akan bersentuhan dengan zat kimia berbahaya ini, karena zat arsenik ternyata ada pada minuman beralkohol yang difermentasi atau pada makanan kalengan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa paparan arsenik bisa menginduksi intoleransi glukosa yang menjadi awal timbulnya penyakit diabetes.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Phthalates

Sama halnya dengan merkuri, phthalates merupakan zat kimia yang juga bisa Anda jumpai pada kosmetik. Selain itu, zak kimia ini juga sering ditemukan pada plastik yang digunakan sebagai kelenturan. Zat kimia ini sangat berbahaya jika terpapar langsung ke dalam tubuh karena dapat mempengaruhi perkembangan diabetes tipe 2, obesitas, bahkan penyakit janung.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi