4 Jenis Acid yang Perlu Ditambahkan dalam Perawatan Kulit Anda

Serum-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Your Best Digs

DokterSehat.Com– Ide memasukkan bahan yang bernama ‘acid’ atau asam untuk kulit mungkin terdengar cukup mengerikan bagi sebagian orang. Apalagi untuk mereka dengan kulit sensitif. Namun, meskipun terdengar menakutkan, beberapa jenis acid yang tepat tidak terlalu keras untuk kulit dan justru bisa membantu kondisi kulit Anda. Acid yang terdapat pada produk perawatan kulit dapat membantu beragam masalah kulit serta mampu mengatasi tanda-tanda penuaan, tekstur yang tidak rata serta hiperpigmentasi. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis acid yang dapat digunakan untuk perawatan kulit Anda.

Photo Credit: Flickr.com/Your Best Digs

1. Hyaluronic Acid

Untuk kulit kering, hyaluronic acid dapat membantu Anda. Bahan ini bersifat melembapkan dan mampu menarik kelembapan di udara ke kulit Anda agar kulit tetap terhidrasi. Selain itu, bahan ini juga mampu mengurangi tampilan garis-garis halus dengan melembutkan kulit dan mengisi kerutan pada wajah.

2. Salicylic Acid

Salicylic acid banyak ditemukan pada produk yang digunakan untuk merawat kulit berjerawat. Bahan ini mampu membersihkan kotoran dalam pori-pori kulit dengan memecah sel-sel kulit mati dan melonggarkan komedo. Karena itulah, salicylic acid direkomendasikan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat.

3. Citric Acid

Citric acid berasal dari buah-buahan sitrus seperti lemon dan jeruk. Jenis acid ini kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat membuat kulit menjadi keriput, kendur, dan warna kulit juga tidak merata. Antioksidan yang terkandung di dalamnya akan membantu membangun ulang kolagen dan memicu tumbuhnya sel-sel baru yang sehat.

4. Glycolic Acid

Glycolic acid memberi efek peeling dan eksfoliasi. Dengan menggunakan bahan ini, sel-sel kulit mati dapat terangkat dengan lembut sehingga mendorong dibentuknya sel-sel kulit yang baru, kolagen serta elastin. Itulah mengapa glycolic acid baik untuk mengatasi masalah seperti kulit kusam, tanda-tanda penuaan, serta jerawat.

Itulah 4 jenis acid yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Namun, seperti penggunaan produk lainnya, biasakan untuk selalu menguji produk tersebut pada tangan atau leher untuk melihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi iritasi, maka Anda bisa menggunakannya di wajah Anda.