6 Ide Permainan Bayi yang Mengasyikkan untuk Bayi 1 Tahun

mainan-anak-yang-aman-doktersehat

DokterSehat.Com– Memilih permainan bayi yang tepat adalah suatu keharusan, agar bayi bisa bermain sesuai usianya. Bermain bersama balita merupakan salah satu momen paling menyenangkan selama menjadi orangtua. Selain membuat bayi merasa senang, bermain juga dapat merangsang kecerdasan otak dan perkembangan bayi.

Permainan Bayi Usia 1 Tahun

Memasuki usia 1 tahun, perkembangan indra bayi sudah cukup pesat dan bayi sudah mulai ingin tahu banyak hal.

Rasa penasarannya sangat tinggi sehingga ia selalu beralih dari satu mainan ke mainan yang lain. Bayi usia 1 tahun juga sudah mulai menirukan suara-suara dan bisa mengekspresikan perasaan seperti tersenyum dan memeluk.

Bagi Anda yang memiliki balita berusia 1 tahun, ini beberapa mainan bayi yang bisa dimainkan bersama orangtua, seperti dilansir dari laman Parents:

1. Menata balok atau toples

Permainan menata balok dari ukuran besar ke ukuran kecil merupakan permainan bayi yang tidak hanya seru dan menyenangkan namun juga melatih kecerdasan anak. Jika tidak ada balok, Anda bisa menggantinya dengan toples plastik yang tersedia di dapur. Mainan bersama anak tidak harus mahal kan, bunda?

2. Mencari suara mainan

Mainan bayi ini dapat mengelurkan suara atau bunyi-bunyian seperti boneka atau sejenisnya.

Caranya, mulailah dengan menutupi sebagian mainan dengan selimut. Setelah itu bunyikan mainan dan biarkan bayi Anda mencari atau mengejar sumber bunyi tersebut. Ketika bayi bisa menemukannya, apresiasi usaha bayi dengan bertepuk tangan.

3. Bermain air saat mandi

Anda bisa memanfaatkan waktu mandi sebagai momen bermain air.

Caranya mudah, Anda hanya membutuhkan cangkir plastik dengan beberapa ukuran. Isi cangkir paling besar dengan air hampir penuh, lalu tuangkan ke cangkir yang lebih kecil dan begitu seterusnya. Permainan bayi ini melatih anak untuk mengenali perbedaan ukuran dan membuatnya senang.

Ide permainan lainnya, Anda bisa menuangkan air ke dalam spons lalu memerasnya lagi. Anak akan belajar bahwa spons dapat menyerap air dan jika diperas, air akan keluar dari spons.

4. Bermain mobil-mobilan

Anda membutuhkan mobil-mobilan sederhana.

Caranya, duduklah dengan bayi berhadap-hadapan, lalu arahkan mainan mobil-mobilan ini pada bayi Anda dan minta ia untuk mengarahkan mobil-mobilan tersebut pada Anda. Permainan bayi ini mengajarkan konsep untuk bergantian dan berbagi.

5. Kumpulkan warna

Permainan bayi yang asyik dilakukan di rumah dengan melibatkan berbagai macam warna.

Mulailah memainkan benda dengan warna yang berbeda-beda dengan bayi, seperti merah, biru, kuning, dan hijau. Sambil duduk dengan bayi di lantai, kelompokkan warna ke dalam keranjang berdasarkan warnanya.

Misalnya, Anda mungkin mengumpulkan bola merah, cincin susun plastik merah, dan mainan lainnya. Biarkan bayi menangani benda-benda itu seperti yang Anda katakan warna dan nama masing-masing, seperti apel merah, mainan merah, bola biru, balok biru.

6. Main cat makanan

Permainan bayi ini sedikit berantakan, tapi dijamin menjadi mengasyikan!

Bayi yang sudah berusia 8 sampai 12 bulan dudukan di kursi bayi, atau dudukan bayi di lantai dengan alas. Berikan beragam makanan berwarna-warni pada bayi – cobalah yogurt berwarna dan makanan bayi – biarkan bayi melukis sebuah mahakarya yang akan membuat orangtua bangga.

Saat dia mencelupkan tangannya ke dalam “cat” yang bisa dimakan, gambarkan makanan dengan kata-kata seperti “mama,” “papah,” “nama bayi,” atau apa pun.

Bagaimana Bunda, tidak perlu mainan mahal kan untuk bermain bersama anak. Nah, apa permainan favorit Anda bersama si kecil?