Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sedang berencana melakukan diet? Sebelum melakukan diet, Anda sebaiknya menganalisis dulu bagaimana sih efek dari pelaksanaan diet yang Anda lakukan. Anda bisa melakukannya dengan menanyakan beberapa pertanyaan kritis terkait keberhasilan diet dan kaitannya dengan kesehatan.

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease
menyebutkan bahwa dengan mengajukan beberapa pertanyaan Anda akan bisa menganalisis apakah diet tersebut efektif untuk diri Anda.

4 Hal Yang Perlu Ditanyakan Sebelum Melakukan Diet

Untuk mendapatkan jawaban dan anjuran yang tepat maka kita dianjurkan untuk mengajukan pertanyaan ini kepada tenaga kesehatan, baik dokter ataupun dietitian. Sehingga jawaban yang kita dapatkan lebih terkontrol hasilnya.

Beberapa pertanyaan yang perlu kita tanyakan adalah:

1. Berapa target berat badan yang sehat untuk diet yang akan saya lakukan?

Target berat badan menjadi tujuan utama diet. Berat badan yang sehat akan membuat pelaksanaan diet beriringan dengan terdukungnya kesehatan tubuh. Sehingga berat badan yang kita jadikan target harus sesuai kebutuhan tubuh.

2. Apakah berat badan yang turun akan memengaruhi kesehatan saya?

Tanyakan apakah ada pengaruh penurunan berat badan dengan kondisi kesehatan Anda, misalnya kondisi kesehatan yang mungkin sering muncul seperti maag, migrain atau asma. Hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan penting dalam melakukan diet, ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Apakah kondisi kesehatan saya akan menghambat keberhasilan diet?

Jika Anda memiliki penyakit yang mengharuskan konsumsi obat secara rutin, maka tanyakan apakah hal tersebut dapat memengaruhi diet, atau perlukah diet yang Anda lakukan mendapatkan beberapa perhatian khusus karena kondisi kesehatan yang Anda miliki.

4. Apa jenis dan frekuensi olahraga yang perlu saya lakukan?

Diet yang sehat adalah yang beriringan dengan olahraga ya, untuk tanyakan apa jenis olahraga serta durasi yang cocok Anda lakukan.

Nah, dengan jawaban dari empat pertanyaan di atas, Anda akan lebih yakin dalam melakukan diet, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi