Terbit: 4 Maret 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masalah pada penis tidak hanya berkutat sekitar gonore atau klamidia saja. Penis yang merupakan organ reproduksi dan seksual juga bisa alami gatal akibat infeksi jamur dan kulitnya mengelupas karena beberapa hal yang akan kita bahas di bawah ini.

4 Hal yang Memicu Kulit Penis Mengelupas

Kalau Anda merasa memiliki kulit penis yang mendadak panas dan akhirnya mengelupas sehingga memberikan rasa sakit yang besar. Coba perhatikan penyebab di bawah ini agar bisa mencegah atau mengobatinya.

Paparan panas
Penis merupakan organ yang sangat sensitif pada pria khususnya bagian glans atau kepala. Kalau bagian ini terkena air panas atau minyak yang memberikan efek panas, iritasi atau luka bakar bisa saja muncul dan menyebabkan gangguan. Lapisan terluar dai kulit penis akan mati dan akhirnya mengelupas.

Untuk mengobati paparan panas ini, Anda bisa menggunakan salep yang memberi efek dingin pada kulit dan mengurangi rasa sakit atau panas.

Iritasi
Beberapa orang tidak menyarankan kita menyemprotkan parfum ke area penis karena bisa berbahaya. Kalau kulit alergi dengan parfum atau bahan lain yang memberikan efek bau harum, iritasi bisa terjadi. Setelah kulit penis mengalami iritasi, pengelupasan akan terjadi di beberapa bagian khususnya yang parah.

Infeksi jamur
Infeksi jamur yang terjadi pada penis tidak hanya menyebabkan rasa gatal pada bagian selangkangan dan kantung zakar saja. Kalau infeksi bakteri ini sudah parah, kulit bisa saja mengelupas dan menimbulkan semacam borok pada kulit yang mengganggu aktivitas seksual.

Infeksi parasit
Infeksi parasit biasanya disebabkan oleh scabies atau bercak merah semu cokelat yang menyebar di kulit. Parasit ini akan membuat lubang-lubang kecil pada kulit dan menyebabkan pengelupasan kulit yang disertai rasa gatal dan sakit. Bagian scabies ini kalau digaruk bisa keluar darah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi