Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mengunjungi tempat bersalju menjadi salah satu impian bagi banyak orang. Terutama bagi Anda yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Tidak hanya menyiapkan pakaian hangat saja, rupanya Anda juga harus mempersiapkan kulit agar tidak bermasalah saat berada di negara bersalju. Apalagi, kulit akan lebih cepat kering saat berada di tempat yang bersuhu rendah. Jadi, apa saja yang harus dilakukan sebelum bermain salju?

4 Hal yang Harus Anda Persiapkan untuk Kulit Sebelum Pergi ke Negara Bersalju

Photo Credit: www.pexels.com

1. Ganti skincare

Dilansir dari laman Live Science, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti skincare. Jika sebelumnya Anda menggunakan skincare untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi, kali ini gunakan skincare yang ampuh mengunci kelembapan saat berada di tempat dengan suhu minus. Selain itu, gunakan skincare berbentuk cream dibanding lotion. Pasalnya, cream lebih ampuh mengunci kelembapan sel kulit dan membuat kulit terasa lebih lembap.

2. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu saat mandi

Mandi merupakan salah satu aktivitas yang juga dapat menghilangkan kelembapan kulit. Apalagi saat Anda menggunakan air panas. Maka dari itu, persingkat waktu mandi untuk mencegah kulit kehilangan kelembapannya. Gunakan produk perawatan tubuh yang mengandung moisturizer tinggi untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Gunakan sunscreen

Sunscreen merupakan produk yang wajib digunakan kapan saja dan di mana saja, termasuk saat Anda berada di tempat bersalju. Kendati sinar matahari tidak sekuat di negara tropis, sinar radiasi masih dapat mencapai kulit dan menyebabkan penuaan dini mau pun masalah lain. Maka dari itu, selalu gunakan skincare yang mengandung SPF.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Kenakan pelindung

Mengenakan scarf, sarung tangan, dan kaos kaki tebal ternyata tidak hanya menghangatkan tubuh. Namun, juga melindungi kulit mengalami pecah-pecah karena suhu minus. Bahkan, cara tersebut juga mencegah Anda terkena frost bite yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Nah, persiapan Anda mengunjungi negara bersalju belum lengkap jika belum melaksanakan sejumlah tips di atas. Apalagi, kulit menjadi bagian terpenting yang juga membuat penampilan menjadi lebih menarik. Kendati demikian, tetap gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi