4 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Hormon Progesteron Anda Menurun

hormon-progesteron-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Sebagai wanita, sudah seharusnya Anda mengetahui apa itu hormon progesteron dan apa manfaatnya bagi tubuh Anda. Sebab, dengan mengetahuinya, Anda bisa memperlakukan diri Anda secara bijak dan lebih bisa memperhatikan kesehatan, khususnya pada area kewanitaan. Perlu diketahui sebelumnya, hormon progesterone adalah hormon steroid yang dibuat oleh korpus luteum ovarium pada ovulasi dalam jumlah yang lebih kecil.

Photo Credit : pexels.com

Secara sederhana, Anda bisa mengartikan hormon progesteron sebagai hormone seks wanita yang berperan sebagai penyeimbang hormonal di dalam tubuh Anda. Progesteron memiliki berbagai fungsi seperti pengatur siklus menstruasi wanita, mengentalkan secret vagina, mempersiapkan implantasi, dan mempersiapkan ASI bagi wanita yang menyusui.

Karena manfaatnya begitu banyak, maka Anda harus bisa menjaga keseimbangan hormone tersebut. Karena jika jumlahnya sudah tidak stabil atau menurun, maka akan menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh Anda, khususnya pada bagian keintiman. Apa saja dampak dari menurunnya hormon progesteron?

Berikut 4 akibat dari menurunnya hormon progesteron

1. Miss V Menjadi Kering

Menurunnya hormon progesteron juga bisa dikarenakan bertambahnya usia. Maka tak heran jika wanita yang sedang menuju fase menopause sering kehilangan hormon seks ini. Dengan berkurangnya hormon progesteron bisa membuat vagina Anda menjadi kering. Tentunya saat vagina kering akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa saat sedang berhubungan intim. Selain itu, keringnya vagina juga bisa menciptakan aroma tak sedap pada area kewanitaan Anda.

2. Melemahnya Otak

Menurunnya hormon progesteron juga bisa mengakibatkan penurunan daya ingat Anda. Jadi, tidak hanya fisik yang diserang, melainkan otak juga. Selain melemahnya otak, Anda juga akan lebih sering mengalami depresi serta gangguan emosional lainnya, misalnya kecemasan yang menyebabkan insomnia, kekhawatiran mendalam, rasa takut, gemetar, dan gangguan emosional lainnya.

3. Mandul

Dampak ini adalah dampak yang paling ekstrem jika hormon progesteron Anda mulai tidak stabil atau menurun. Sebab, wanita yang tidak mampu berovulasi akan berkurang kesuburannya. Saat kesuburan wanita mulai melemah, kemungkinan besar dia akan mengalami kemandulan alias tidak bisa punya keturunan.