Terbit: 1 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah tidak hanya merusak penampilan Anda saat mengenakan alas kaki terbuka. Kondisi tumit kaki yang demikian juga menyebabkan rasa gatal hingga nyeri. Sebagai tambahan informasi, tumit kaki yang kasar dan pecah biasanya terjadi lantaran kulit area tumit mengalami kekeringan. Hal tersebut akhirnya memicu penebalan sel-sel kulit pada tumit yang berwarna kekuningan atau kecokelatan. Nah, sebenarnya apa saja sih hal-hal yang memicu tumit kasar dan pecah-pecah?

4 Hal ini Menyebabkan Tumit Kaki Kasar dan Pecah-Pecah

1. Berdiri Terlalu Lama

Siapa yang akan menyangka ternyata berdiri terlalu lama juga dapat memicu tumit kasar atau bahkan pecah-pecah. Hal ini diakibatkan oleh seringnya area telapak kaki, terutama tumit mendapat tekanan yang lebih besar saat berdiri.

2. Udara Dingin

Dilansir dari laman Medical news Today, terlalu sering berada di tempat yang berudara dingin dapat menghilangkan kelembapan kulit. Hal ini tidak hanya menyerang kulit bagian wajah saja, tetapi kulit seluruh badan, termasuk tumit. Maka dari itu, gunakan kaos kaki untuk menghangatkan kaki dan mencegah tumit kasar dan pecah.

3. Mandi Air Panas Terlalu Lama

Mandi menggunakan air panas memang dapat menjadikan tubuh terasa segar kembali. Namun, aktivitas satu ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan dalam waktu lama. Dilansir dari laman Health Line, mandi terlalu panas juga menjadi pemicu kulit kasar karena dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

4. Menggunakan Sepatu Berkualitas Buruk

Jangan pernah memilih alas kaki tanpa memandang kualitas bahannya. Pasalnya, kualitas bahan memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan kulit bagian kaki. Menggunakan sepatu berkualitas buruk tentu akan menimbulkan sejumlah masalah. Mulai dari lecet hingga tumit yang kasar atau pecah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Siapa yang akan menyangka ternyata keempat hal di atas menjadi pemicu tumit kasar dan pecah-pecah. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang Anda lebih memperhatikan kesehatan dan kenyamanan kaki. Gunakan pelembap, kaos kaki hingga alas kaki yang nyaman.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi