Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang sering ditakutkan oleh wanita adalah tumbuhnya jerawat di wajah. Jerawat yang tumbuh di wajah akan sangat mengganggu penampilan dan dapat menyebabkan wajah tidak mulus lagi. Sebagian besar wanita yang memiliki jerawat di wajah akan merasa gemas dan berusaha untuk memencetnya.

4 Fakta Tentang Komedo yang Jarang Diketahui Orang

Selain jerawat, ternyata ada masalah lain yang tak kalah mengganggu dan menjengkelkan, yakni komedo. Komedo juga hampir sama dengan jerawat, namun bentuk komedo lebih kecil dan biasa tumbuh di hidung, dagu, serta tepi bibir. Bagi Anda yang masih belum tahu apa itu komedo dan bagaimana komedo bisa tumbuh, berikut adalah beberapa fakta tentang komedo yang harus Anda ketahui.

1. Komedo Disebabkan oleh Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan suatu hal yang wajar dan dialami oleh banyak orang. Minyak tersebut ternyata dihasilkan oleh kulit agar terlindung dari perubahan cuaca. Namun, jika produksi minyak terlalu banyak, maka dapat berpotensi munculnya komedo. Untuk itu, hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung minyak karena justru membuat kulit wajah berminyak secara berlebihan.

2. Komedo Tidak Mudah Hilang

Hal yang paling menyebalkan dari komedo adalah tidak mudah bilang meskipun Anda memencetnya berkali-kali. Jangan Anda pikir saat komedo telah dipencet, lalu wajah Anda akan kembali mulus lagi, justru komedo yang sudah Anda pencet itu akan tumbuh lagi dan lagi. Hal tersebut terjadi karena pori-pori yang terbuka saat mengeluarkan komedo akan rentan untuk tersumbat kembali oleh komedo.

3. Komedo bisa Berubah Menjadi Jerawat

Ternyata komedo juga berpotensi berubah menjadi jerawat jika tidak cepat diatasi. Sama dengan komedo, tumbuhnya jerawat juga disebabkan oleh saluran minyak pada kulit tersumbat. Untuk itu, gunakanlah produk kecantikan seperti masker wajah yanga berfungsi untuk meminimalisir tumbuhnya komedo. Dengan masker tersebut, maka kotoran dan minyak berlebih yang menempel pada pori-pori wajah akan terangkat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

4. Komedo bisa Membesar

Ukuran pori-pori yang membesar tenyata juga mengakibatkan komedo semakin membesar. Komedo akan semakin parah jika Anda melakukan perawatan yang salah. Selain itu, faktor usia juga mempengaruhi seberapa parah komedo yang tumbuh pada wajah Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi