Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bisa atau tidaknya wanita mendapatkan kehamilan tidak hanya dipengaruhi oleh infertilitas pada wanita. Pria juga berperan dalam proses kehamilan dengan peluang yang sama. Kalau pria mengalami penurunan kesuburan, meski wanita subur sekali pun akan sudah mendapatkan kehamilan.

4 Fakta Kesuburan Pria yang Wajib Diperhatikan

Nah, agar masalah kesuburan tidak menjadi polemik dalam rumah tangga. Pria sudah seharusnya tahu masalah kesuburan yang dimilikinya. Untuk itu, coba perhatikan beberapa fakta kesuburan pria di bawah ini.

1. Waktu subur pria juga ada batasnya
Kesuburan wanita dianggap menurun setelah mereka menginjak usia 35 tahun. Pada usia ini wanita akan susah mengalami pembuahan karena sel telur tidak sebagus saat muda. Selain itu, keadaan rahim dan rongga vagina juga sudah menurun seiring dengan berjalannya waktu.

Pada pria, kesuburan juga ada batasannya meski setiap orang berbeda. Pria yang sudah memasuki usia 30 tahun, hormon testosteronnya akan menurun. Penurunan ini akan menurunkan kualitas dari sperma dan juga performa pria di atas ranjang.

2. Gaya hidup pengaruhi kualitas sperma
Gaya hidup memengaruhi kualitas sperma dari seorang pria. Kalau pria rajin berolahraga dan menjalankan diet yang sehat, kualitas spermanya akan terjaga. Namun, kalau pria menjalankan gaya hidup yang buruk dan alami obesitas, peluang sperma yang dihasilkan baik akan semakin kecil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Tidak ada gejala infertilitas
Gejala infertilitas pada pria tidak terlihat dengan jelas. Meski demikian, pria yang mulai tidak subur biasanya kerap alami disfungsi ereksi, penis kerap nyeri, dan ada benjolan di sekitar testis.

4. Sperma buruk karena suhu
Sperma yang dihasilkan oleh pria bisa saja menjadi rusak kalau pria kerap mengenakan celana ketat sehingga suhu di dalam celana jadi naik. Selain itu, memangku laptop di paha, sauna, dan mandi di sumber air panas juga berbahaya untuk kesuburan pria.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi