Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bukan rahasia lagi jika banyak makanan mengandung bahan pengawet formalin. Formalin merupakan bahan kimia yang tidak berwarna, mudah terbakar, dan berbau tajam yang biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat. Namun, banyak oknum pegadang curang yang mencampurkan formalin dalam makanan hanya untuk mendapatkan keuntungan. Makanan yang telah dicampur dengan formalin akan lebih awet, kenyal, dan lebih menarik.

4 Efek Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Mengandung Formalin

Photo Credit : pexels.com

Padahal, zat kimia ini sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung formalin, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Ada beberapa efek samping yang akan dialami oleh tubuh, diantaranya:

1. Gangguan Penglihatan

Formalin ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan mata karena mata lebih sensitif terhadap formaldehyde. Zat ini dapat menyebabkan mata terasa seperti terbakar, gatal, perih berlebih, dan kemerahan. Dan jika kandungan formaldehyde terlalu banyak, maka mata Anda akan cedera optik yang sangat parah hingga bisa terjadi kebutaan.

2. Kerusakan Usus

Mengonsumsi makanan mengandung formalin terlalu banyak juga akan menyebabkan kerusakan pada usus. Gejala yang ditimbulkan seperti mual, muntah, dan sakit perut. Selain usus, efek samping dari formalin juga dapat menyerang organ dalam lain seperti, hati, ginjal, pankreas, dan limpa. Jika dibiarkan dan terus mengonsumsi makanan berformalin, maka kemungkinan besar Anda akan terjangkit penyakit serius yakni komplikasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Gangguan Pernapasan

Jika Anda merasakan sakit tenggorokan, terasa seperti terbakar di hidung dan tenggorokan, serta hidung tersumbat, itu tandanya Anda mengalami iritasi pada saluran napas bagian atas. Masalah tersebut bisa Anda alami jika terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung formalin. Formalin bisa merusak saluran udara bawah dan atas ketika Anda menghirupnya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, gejala lain yang ditimbulkan saat Anda mengalami iritasi saluran pernapasan bagian atas adalah batuk, dahak, dan sesak napas.

4. Iritasi Kulit

Tidak hanya berdampak buruk terhadap organ tubug bagian dalam saja, formalin ternyata juga akan memberikan efek buruk terhadap kulit Anda. Zat berbahaya ini dapat menyebabkan iritasi kulit seperti timbulnya ruam dan gatal-gatal, bahan lebih parah lagi bisa menyebabkan dermatitis kontak alergika.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi