Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak ungkapan perasaan cinta dari orang tua pada anaknya. Kasih sayang orang tua tidak selalu ditunjukkan dengan membelikan anak barang-barang mewah atau mainan mahal, namun bisa diwujudkan dengan hal-hal sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari.

4 Cara Sederhana Menunjukkan Kasih Sayang pada Anak

pic credit: leonid mamchenkov

Ungkapan kasih sayang sederhana orang tua pada anaknya

Banyak orang tua kadang lupa untuk menunjukkan rasa sayangnya pada anak. Padahal anak juga perlu untuk merasa disayang dan diperhatikan oleh orang tua. Tidak perlu cara yang sulit untuk menyenangkan anak. Cukup dengan beberapa cara berikut, Anda dapat membuat anak bahagai. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Dengan sentuhan fisik
Sentuhan fisik dapat membuat anak merasa disayangi secara langsung. Anda bisa memberinya pelukan saat si kecil menangis, menciumnya sebelum tidur dan ketika bangun tidur, atau sebelum si kecil berangkat ke sekolah. Ekspresi sederhana ini dapat membuat anak merasa dicintai oleh orang tuanya.

2. Ucapan langsung
Tidak semua orang tua bisa mengucapkan rasa cintanya langsung ke anak. Jika Anda termasuk orang tua yang demikian, Anda bisa menggantinya dengan kalimat penyemangat atau pujian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Menghabiskan waktu bersama
Salah satu bentuk perhatian yang dirasakan anak-anak adalah waktu yang Anda berikan pada mereka. Anda tidak harus menyediakan waktu khusus untuk liburan bersama keluarga, namun manfaatkan watu di rumah dengan kegiatan seperti makan bersama, bermain bola, memasak bersama atau membantu anak-anak mengerjakan PR.

4. Berikan hadiah
Tentu, memberikan hadiah dapat membuat anak senang. Anda tidak perlu menunggu anak mendapat prestasi atau pencapaian apa pun untuk memberinya kado. Anda juga tidak perlu membelikannya hadiah yang mahal atau membungkusnya secara istimewa. Hadiah ini pun tidak selalu barang, namun bisa juga seperti hadiah liburan atau mengajaknya nonton bioskop.

Bagaimana dengan Bunda, ada cara lain untuk menunjukkan kasih sayang pada buah hati Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi