4 Cara Sederhana Atasi Hidung Tersumbat Pada Anak

doktersehat-anak-flu-pilek-sakit

DokterSehat.Com– Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami anak-anak adalah hidung tersumbat. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam mulai dari flu, sinus, atau alergi. Tak perlu khawatir, hidung tersumbat dapat diatasi dengan perawatan sederhana di rumah.

Mengatasi hidung tersumbat pada anak

Hidung tersumbat tentunya sangat mengganggu pada anak. Pada bayi ia mungkin akan rewel ketika hidungnya tersumbat. Untuk meredakannya, Anda bisa melakukan cara berikut ini:

1. Mandikan si kecil dengan air hangat
Memandikan si kecil dengan air hangat dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Basahi dari kepala hingga seluruh tubuhnya selama 10-15 menit. Uap panas dari air hangat akan melewati rongga pernapasan dan membantu menghilangkan lendir yang ada di dalamnya.

2. Kompres air hangat

Salah satu cara praktis meredakan hidung tersumbat adalah menggunakan kompres air hangat. Basahi handuk dengan air hangat, peras lalu kompres hingga lembap. Lakukan beberapa kali hingga hidungnya terasa lega. Gunakan kompres yang lembut agar tidak memicu iritasi pada anak.

3. Gunakan minyak kayu putih atau balsam

Saat ini banyak pelega hidung tersumbat yang beredar di pasaran baik dalam bentuk minyak maupun balsam. Pilih yang bahannya aman untuk anak kecil lalu oleskan di dada atau di badan si kecil untuk memberi rasa hangat dan si kecil mau menghirup baunya.

4. Minum air jahe

Pada orang dewasa, air jahe dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Cara ini pun bisa Anda terapkan untuk si kecil. Caranya, kupas jahe dan iris tipis-tipis atau memarkan, rebus dengan air secukupnya. Tambahkan gula atau madu sesuai selera.

Mudah bukan mengatasi hidung tersumbat pada anak? Bunda punya tips lain yang tidak kalah manjur? Yuk berbagi di kolom komentar!