4 Cara Mudah Merawat Vagina Secara Alami dan Aman

kebiasaan-buruk-untuk-vagina
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Merawat vagina merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap wanita. Tak terkecual bagi wanita muda maupun yang sudah berusia. Sebab, dengan vagina yang terawat maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah keintiman, misalnya keputihan, gatal, hingga aroma tak sedap.

Photo Credit : pexels.com

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam merawat vagina. Mulai dari cara alami hingga melakukan metode khusus menggunakan obat-obatan. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan cara alami yang terbilang minim risiko daripada menggunakan obat-obatan yang sudah pasti memiliki efek sampingnya.

Apa saja cara alami merawat vagina? Berikut diantaranya:

1. Rutin Membersihkan

Cara yang paling mudah dalam merawat vagina adalah dengan rutin membersihkannya. Anda bisa membersihkannya menggunakan air biasa ataupun minyak alami. Dengan rutin membersihkan organ intim, maka bakteri-bakteri yang bersarang pada vagina Anda akan terusir dengan sendirinya.

2. Sering Memijat

Selain membersihkannya, Anda juga harus sering melakukan pijatan-pijatan lembut pada area keintiman Anda. Hal ini dilakukan untuk melatih otot vagina. Selain itu, rutin memijat vagina juga akan memperlancar aliran darah sehingga suplai darah pada seluruh anatomi menjadi lancar. Dengan begitu, vagina Anda akan terjaga kesehatannya.

3. Sering Mengganti Pembalut Ataupun Celana Dalam

Ini adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar. Sebagai wanita sudah seharusnya Anda tidak bermalas-malasan untuk mengganti serta mencuci pakaian, khususnya celana dalam. Sebab, pada celana dalam terdapat ribuan bakteri yang bisa menjangkiti vagina Anda. Maka dari itu, cucilah secara bersih menggunakan detergen agar bakteri tersebut bisa hilang. Lantas, saat sedang menstruasi, usahakan mengganti pembalut sesering mungkin. Jangan membiarkan darah kotor berlama-lama menyentuh vagina Anda.

4. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Cara selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan. Banyak makanan yang bisa Anda konsumsi, mulai dari buah-buahan, sayuran, ikan, dan sebagainya. Asupan nutrisi serta vitamin harus seimbang, maka dari itu jangan terlalu sering mengonsumsi makanan tak sehat seperti junkfood.