Terbit: 4 Maret 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh cerdas. Selain memenuhi kebutuhan gizinya, memberikan rangsangan yang tepat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak.

4 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, Anda tidak memerlukan peralatan mahal atau gawai canggih untuk meningkatkan kecerdasan anak. Gunakan barang-barang yang tersedia di rumah dan utamakan interaksi positif antara orang tua dan anak, maka kecerdasan anak akan berkembang dengan lebih baik.

Beberapa cara mudah meningkatkan kecerdasan anak, seperti dilansir dari livestrong antara lain:
1. Berolahraga saat hamil
Ya, Anda tidak perlu menunggu buah hati Anda lahir untuk membentuk kecerdasannya. Dengan berolahraga ringan sejak hamil, Anda dapat meningkatkan peredaran darah ke janin sehingga peredaraan nutrisi dan oksigen lebih lancar. Olahraga yang bisa Anda lakukan antara lain berenang, jalan ringan, atau yoga.

2. Membacakan cerita

Membacakan cerita untuk anak dapat memperkaya kosa kata anak dan meningkatkan kecerdasannya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Linda Acredolo, ahli kejiwaan di University of California menyebutkan bahwa membacakan cerita yang sama berulang kali pada anak dapat membuat anak tertarik dengan huruf serta nilai dari cerita yang Anda bacakan. Sebaiknya bacakan beberapa jenis cerita dengan berbagai nilai moral untuk perkembangan kejiwaan anak.

3. Sering bicara pada anak
Sering-seringlah mengajak anak untuk bicara. Dengan begitu anak akan terlatih untuk menyampaikan keinginannya dan ia akan belajar banyak kosa kata dari Anda. Ketika anak sudah mulai semakin dewasa, ajak anak bermain sambil memintanya menjelaskan sesuatu. Misalnya, Anda mengajaknya ke kebun binatang dan minta anak untuk menjelaskan bedanya rusa dengan kuda, dan sebagainya.

4. Beri kebebasan anak untuk bereksplorasi
Anak belajar dari lingkungan di sekitarnya dengan melakukan berbagai eksplorasi. Ajak anak ke tempat-tempat baru, atau berikan suasana baru di rumah dengan mengganti warna cat rumah, atau memberi hiasan pada kamar anak. Anak juga dapat belajar mengenai perbedaan warna yang baik untuk rangsangan pada mata.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Bagaimana Bunda, tidak susah kan untuk melatih kecerdasan anak di rumah?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi