4 Cara Mudah Mengatasi Anemia Secara Alami

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

DokterSehat.Com– Gaya hidup kebanyakan orang saat ini memang cukup memprihatinkan. Pasalnya, banyak orang yang lebih menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja dan mengesampingkan kesehatannya. Tubuh serta otak pun diforsir sehingga kelelahan seringkali terjadi. Pola makan pun tidak teratur, bukannya mengonsumsi makanan sehat, justru lebih cenderung mengonsumsi makanan cepat saji atau bahkan junkfood.

Maka tak heran jika kondisi fisik dari orang-orang tersebut seringkali lemah dan tak berenergi. Hal itu bisa dikarenakan jika mereka telah terkena anemia, yaitu menurunnya sel darah merah atau hemoglobin. Hemoglobin sendiri bertugas untuk mengikat oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Setelah mengalami kondisi tubuh yang melemah, mereka justru lebih sering mengatasinya dengan minuman serta makanan berenergi yang efek sampingnya cukup mengerikan.

Padahal, ketika tubuh lemas karena anemia, ada cara alami yang bisa dilakuan, berikut diantaranya:

  • Perbanyak Istirahat

Salah satu cara tubuh memproduksi sel darah adalah dengan tidur. Ketika tidur, tubuh akan melakukan reaksi alami yang banyak manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya adalah regenerasi sel dan hormon. Maka dari itu, ketika sedang dilanda anemia, alangkah baiknya seseorang menambah jatah atau waktu tidur mereka.

  • Konsumsi Zat Besi

Ketika tubuh lemah dan tak bergairah karena anemia sebenarnya bisa diatasi dengan cara banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Adapun makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, kerang, kacang-kacangan, bayam, sayuran hijau, ataupun sumber zat besi lainnya.

  • Konsumsi Vitamin B12

Agar penyerapan zat besi semakin baik, tubuh memerlukan suatu nutrisi pendukungnya, yaitu vitamin B12. Sampai saat ini, banyak yang meyakini bahwa vitamin B12 merupakan nutrisi yang bisa memaksimalkan penyerapan zat besi, yang fungsinya sama seperti vitamin C dan folat. Adapun beberapa makanan yang bisa memberi vitamin B12 adalah kedelai, yoghurt, tuna, keju, dan susu.

  • Olahraga Ringan

Ketika tubuh sedang lemas dan tak bergairah karena anemia, bukan berarti harus bermalas-malasan. Justru jika hanya diam saja akan membuat produksi sel darah kurang maksimal. Jadi, usahakan melakukan olahraga ringan seperti jalan, bersepeda, ataupun senam agar suplai darah lancar ke seluruh tubuh.