Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bibir kering dan pecah, sungguh mengganggu kenyamanan dan penampilan. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Apakah itu sebab Anda kekurangan cairan, Anda sedang dalam pengobatan atau cuaca yang sedang tidak baik. Apa pun itu, melakukan eksfoliasi pada bibir Anda bisa membantu menguranginya.

4 Cara Mengeksfoliasi Bibir yang Kering dan Pecah

Eksfoliasi berarti menghilangkan sel-sel kulit mati. Pada bibir yang kering dan pecah, melakukan eksfoliasi sembarangan justru dapat melukainya. Dilansir dari The Gloss, berikut ini beberapa bahan yang bisa dipakai untuk membantu menghilangkan sel kulit mati pada bibir.

1. Minyak zaitun dan gula

Ramuan ajaib pertama yang bisa Anda coba untuk mengeksfoliasi kulit bibir kering dan pecah adalah campuran antara minyak zaitun dan gula pasir. Oleskan secara lembut campuran kedua bahan ini pada bibir Anda. Diamkan beberapa saat sebelum dibersihkan. Untuk dapatkan hasil terbaik, gunakan secara rutin.

2. Gula dan madu

Bahan alami lainnya yang bisa dipakai untuk mengatasi bibir kering dan pecah adalah campuran antara gula dan madu. Aplikasikan sama seperti penggunaan minyak zaitun dan gula. Oleskan dengan lembut pada bibir Anda, gosok perlahan dan biarkan, lalu bersihkan.

3. Baking soda

Baking soda yang biasa dipakai untuk membuat kue, ternyata memiliki keajaiban lain. Ia bisa membantu mengelupas sel-sel kulit mati pada bibir. Campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan perlahan menggunakan sikat gigi yang lembut. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan.

4. Air mawar dan glycerine

Air mawar merupakan salah satu elemen rahasia perawatan kecantikan. Lalu, mengapa tidak mencobanya untuk mengekfoliasi bibir Anda yang kering dan pecah? Khasiatnya pasti sama menakjubkan ketika Anda menggunakan air mawar untuk wajah. Gunakan campuran air mawar dan glycerine pada bibir Anda di malam hari lalu bilas esoknya.

Bibir kering dan pecah yang semula mengganggu, pelan-pelan semoga bisa teratasi dengan tips-tips di atas. Bibir Anda akan kembali lembap dan lembut. Lakukan dengan rutin ya! Semoga berhasil!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi