Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Stres dalam dunia kerja adalah hal yang wajar. Apapun profesinya, terlebih bagi pekerja kantoran yang setiap hari disuguhkan dengan setumpuk tugas tentunya mengalami stres yang sulit dikelola dengan baik. Padahal duduk seharian di kantor saja bisa memicu datangnya penyakit berbahaya. Lantas, bagaimana jika ditambah dengan stres? Tentu saja risikonya menjadi berlipat ganda.

4 Cara Mengatasi Stres Kerja Agar Tak Jadi Sumber Penyakit

Photo Credit: pexels.com

Nah, agar mengurangi risiko datangnya berbagai penyakit akibat stres kerja, ada baiknya Anda mencoba 4 cara mudah ini.

1. Pijat

Saat kepala terasa seakan tak kuat menahan stres yang melanda. Mak berhentilah sejenak dan lakukan rileksasi dengan pijatan-pijatan halus area kening hingga kulit kepala. Jangan terlalu memaksakan diri, sebab bagaimanapun juga kesehatan adalah hal yang utama. Pijatan pada area kepala bisa mengurangi tingkat stres Anda secara perlahan. Tak butuh waktu lama, cukup 5-10 menit di sela-sela jam kerja.

2. Catat Prioritas

Ingat catat prioritas kerja Anda. Jika ada setumpuk pekerjaan, maka Anda harus mengetahui mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu sehingga seluruh pekerjaan tersebut tidak mengganggu pikiran Anda secara bersamaan. Saat yang paling penting sudah terselesaikan, maka Anda bisa sedikit lega dan hanya merampungkan pekerjaan-pekerjaan kecil lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Banyak Minum

Perbanyaklah minum air putih untuk meningkatkan konsentrasi serta memberi kebugaran pada tubuh Anda. Terlebih jika Anda berada pada ruang ber-AC. Maka sangat diwajibkan untuk banyak minum air putih. Sebab, air putih dipercaya sebagai obat dari segala penyakit yang artinya bisa memberikan efek sangat baik bagi kesehatan tubuh serta otak Anda.

4. Istirahat

Sempatkan tidur siang walau Anda sedang banyak pekerjaan. Gunakan waktu istirahat sebaik mungkin untuk mengistirahatkan otak dan tubuh Anda. Tidak butuh waktu lama, nyatanya tidur siang yang hanya 15-30 menit saja dipercaya bisa menyegarkan otak sehingga Anda bisa kembali kerja dengan fokus dan konsentrasi tinggi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi