4 Cara Mendapatkan Kulit Cantik dengan Kunyit

doktersehat-kunyit-perut
Photo Credit: Scott Dexter

DokterSehat.Com– Kunyit selama ini dikenal sebagai bahan untuk memasak atau bumbu dapur. Namun dibalik fungsinya untuk memasak, kunyit juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Pasalnya, kunyit ternyata juga memiliki khasiat untuk mempercantik kulit.

Photo Credit: Scott Dexter

Seperti yang dilansir dari alluringsoul, berikut ini beberapa cara untuk memanfaatkan kunyit sebagai perawatan kecantikan:

1. Agar Kulit Bersih Bercahaya

Kunyit dapat melembutkan kulit dan memberikan nutrisi berupa vitamin dan mineral serta menghaluskan kulit yang kasar. Tidak hanya itu saja, kunyit juga akan membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Anda hanya perlu membuat masker dengan campuran 1/2 sdt bubuk kunyit, 2 sdt pisang yang sudah dihancurkan dan 1/2 sdt madu. Kemudian, oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

2. Untuk Kulit Cerah

Untuk mencerahkan kulit, Anda dapat mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt air perasan lemon, 1 sdt madu. Selanjutnya oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Kunyit dapat menghambat produksi melanin serta mengeksfoliasi kulit. Campuran air lemon pada masker ini juga akan membantu mencerahkan bintik hitam pada kulit dan vitamin C di dalamnya mendorong produksi kolagen.

3. Membersihkan Jerawat

Anda juga dapat membersihkan jerawat dengan menggunakan masker kunyit. Campurkan 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt yogurt dan 1/2 sdt air perasan lemon. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas. Kunyit dan yogurt mengandung asam laktat yang akan membantu mengurangi munculnya jerawat. Tidak hanya itu saja, campuran ini juga akan menutrisi dan menghidrasi kulit Anda.

4. Menyamarkan Kerutan

Kunyit akan membantu menyamarkan noda bekas luka seiring waktu tanpa menyebabkan hiperpigmentasi. Ketika dicampurkan dengan madu yang melembapkan serta asam glikolat yang membantu membersihkan sel-sel kulit mati, maka Anda akan mendapatkan masker wajah untuk menyamarkan kerutan. Campurkan 1 sdt bubuk kunyit, 2 sdt bubuk gula cokelat organik, dan 2 sdt madu.

Nah, tidak sulit bukan membuat masker kunyit untuk perawatan kulit Anda? Jadi, selamat mencoba!