4 Cara Mencegah Cacat Lahir pada Bayi

doktersehat-usg-hamil-dokter-menurunkan-berat-badan

DokterSehat.Com– Setiap pasangan pasti mendambakan si kecil lahir dengan sehat, normal dan tidak kekurangan suatu apa pun. Salah satu kondisi yang tidak diinginkan adalah cacat lahir pada bayi. Bagaimana cara menghindarinya?

Menghindari cacat lahir pada bayi

Untuk meminimalisir risiko cacat lahir pada bayi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, di antaranya:

1. Pola makan yang baik

Saat hamil, sebaiknya ibu lebih cermat dengan asupan gizi yang dikonsumsi. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan membantu perkembangan janin dalam kandungan.

Salah satu gizi yang penting bagi ibu hamil adalah asam folat atau vitamin B9 yang dapat mencegah bayi lahir dengan cacat tabung saraf atau cacat bawaan. Saat hamil, ibu membutuhkan asam folat sebanyak 600-800 mcg per hari. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan kaya folat seperti bayam, kubis, seledri, atau kailan.

2. Pemeriksaan kehamilan yang teratur
Sebaiknya lakukan pemeriksaan kehamilan teratur setiap 1 bulan sekali. Menjelang kelahiran, Anda bisa meningkatkan frekuensi pemeriksaan menjadi 2 minggu sekali atau seminggi sekali. Lakukan pemeriksaan tambahan seperti tes darah atau pemeriksaan cairan ketuban untuk mendeteksi kemungkinan cacat lahir.

3. Hindari alkohol dan kurangi merokok

Alkohol yang diminum ibu dapat menembus plasenta dan diserap janin. Alkohol dapat memengaruhi perkembangan janin dan meningkatkan risiko kelahiran bayi cacat. Sesedikit apapun alkohol yang masuk ke dalam tubuh ibu dapat memengaruhi perkembangan janin dan membahayakan kehamilan. Risiko terburuk adalah keguguran atau janin meninggal dalam kandungan.

4. Cegah infeksi saat hamil
Infeksi yang dialami oleh ibu hamil dapat berakibat buruk pada perkembangan janin. Karena itu selama kehamilan ibu hamil disarankan untuk menjaga kebersihan dengan cuci tangan setiap kali selesai beraktivitas, rajin sikat gigi, menjaga kebersihan area genital dan menghindari orang yang sedang sakit.