Terbit: 29 April 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak ingin punya anak yang mandiri sejak kecil? Semua orang tua tentu menginginkan anaknya bisa mandiri sejak usia balita. Melatih anak agar mandiri perlu proses dan latihan yang panjang. Yuk simak bagaimana cara mendidik agar tumbuh jadi anak mandiri!

4 Cara Melatih Anak Untuk Mandiri

Photo Credit: Freepik.com

Cara melatih anak agar mau bersikap mandiri

Melatih anak untuk mandiri membutuhkan proses yang panjang. Untuk memulainya Anda perlu melatihnya sejak dini dan dimulai dari hal-hal yang sederhana.

1. Ajari untuk makan sendiri
Apakah Bunda masih sering menyuapi anak saat makan? Jika ya, yuk coba ajari anak untuk makan sendiri. Demi kemandirian anak, anak harus belajar untuk makan sendiri. Selain itu hal ini juga dapat memberikan ibu waktu lebih banyak untuk mengerjakan hal lainnya.

2. Ajarkan anak untuk mengambil keputusan sendiri

Jika Anda ingin si kecil mandiri, salah satu cara melatihnya adalah biarkan anak memilih dan memiliki keputusan sendiri. Anda bisa melatihnya dengan membiarkan mereka memilih baju apa yang ingin mereka kenakan, memilih tujuan liburan, hingga pilihan menu makan siang yang diinginkan. Dengan demikian, anak akan berani menyuarakan pendapatnya pada orang dewasa.

3. Ingatkan bahwa anak Anda sudah dewasa

Ketika anak sudah bisa menunjukkan sikap kemandiriannya, selalu ingatkan bahwa ia sudah dewasa, sehingga tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak baik. Misalnya, menggangu adiknya, atau berbuat usil pada temannya. Anda bisa mengatakan “Kakak kan sudah besar, jangan berbuat begitu lagi ya,” untuk menegaskan bahwa kini si kakak sudah dewasa dan saatnya bertanggung jawab lebih.

4. Pahami prosesnya

Anda perlu bersabar saat melatih si kecil untuk mandiri. Jika masih ada kesalahan atau mungkin berantakan saat makan sendiri, maka Anda perlu memakluminya. Jangan segera memarahi anak, namun hargai setiap kemajuan prosesnya dengan memberinya pujian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi