Terbit: 21 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ereksi pada pria terjadi saat mereka mendapatkan rangsangan dari luar. Rangsangan ini akan diterima oleh tubuh dan direspons dengan menambah aliran darah ke penis. Kalau aliran darah ke penis bisa berjalan dengan lancar, ereksi bisa berjalan maksimal. Sementara itu jika aliran darah tidak berjalan dengan lancar, maka penis akan alami disfungsi ereksi.

bentuk-penis-pria-doktersehat

Penyebab Aliran Darah Terhambat pada Penis

Ketika aliran darah terhambat ke penis, kondisi ini menyebabkan penis sulit ereksi. Masalah sirkulasi darah dapat terjadi pada penis karena beberapa alasan dan sering menyebabkan ereksi lemah dan impotensi. Misalnya di Amerika, sekitar 20 juta pria mengalami impotensi. Nah, Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan aliran darah ke penis terhambat:

1. Diabetes

Penderita diabetes dengan kadar gula darah tinggi dapat mengembangkan retinopati diabetik. Retinopati diabetik dapat merusak saraf, mengurangi sinyal saraf yang diperlukan untuk memulai dan menahan ereksi. Kerusakan saraf ini juga akan menurunkan laju aliran darah di penis, mengurangi kemampuan rangsangan dan menyebabkan masalah ereksi.

2. Diet tinggi lemak

Diet tinggi lemak menyumbat arteri di tubuh dengan lemak. Akumulasi lemak di pembuluh darah yang terjadi pada aterosklerosis membatasi kemampuan darah mengalir melalui arteri ke penis. Dengan demikian, sirkulasi darah ke penis berkurang, dan kemampuan untuk ereksi terancam. Makanan tinggi lemak, kentang goreng, keripik dan makanan junk food lainnya, yang berbahaya bagi fungsi penis.

Baca juga: Efek Sauna untuk Kesehatan Tubuh dan Seksualitas Pria

3. Cedera saraf tulang belakang

Cedera sumsum tulang belakang juga bisa menimbulkan masalah sirkulasi dan impotensi di penis. Kerusakan saraf perifer yang terjadi dengan cedera medulla spinalis dapat membatasi fungsi penis.

4. Merokok dan kokain

Merokok dan menggunakan kokain menyempitkan pembuluh darah di tubuh, membatasi jumlah aliran darah. Ini bisa menyebabkan masalah sirkulasi ke penis. Dampak stimulan nikotin dan kokain, terutama dalam dosis tinggi, akan berdampak negatif pada aliran darah ke penis.

5. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal adalah penyebab lain masalah sirkulasi pada penis. Penyakit ginjal berdampak pada kesehatan dan fungsi seksual secara keseluruhan. Racun bisa menumpuk di dalam tubuh ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik. Ketika racun beredar, mereka dapat merusak organ dan membatasi aliran darah ke penis. Ini juga dapat menyebabkan malaise (kurang fit) dan membatasi fungsi seksual.

Faktor lainnya yang menyebabkan aliran darah ke penis terhambat:

  • Kelainan pada penis baik karena bawaan atau karena kecelakaan.
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan membuat rangsangan susah diterima oleh otak. Saat pria mendapatkan rangsangan mereka akan susah meresponsnya dengan cepat.
  • Komplikasi penyakit tertentu yang menyebabkan gangguan pembuluh darah. Penyakit yang sering menyebabkan gangguan adalah diabetes.
  • Kegemukan atau obesitas. Kondisi ini bisa menurunkan kadar hormon testosteron dan pembuluh darah tersumbat.
  • Obat-obatan tertentu seperti anti-depresan dan narkotika.

Cara Melancarkan Peredaran Darah secara Alami

Banyak pria selalu berusaha untuk membuat pasangan mereka bahagia, setidaknya secara seksual. Ketika seorang pria secara alami tidak dapat mencapai tujuan ini, bisa saja ia akanmeminum pil dari toko obat agar mudah ereksi.

Untuk menghindari kemungkinan efek samping dari pil semacam itu, Anda harus memilih solusi sederhana agar Anda bersikap tegas untuk jangka waktu ke depan. Cara-cara sederhana ini memastikan bahwa jantung Anda mampu memompa darah untuk waktu yang lama setiap kali otak Anda mengirim sinyal agar penis Anda ereksi lebih lama dan lancar. Berikut ini cara melancarkan peredaran darah ke alat vital Anda:

1. Berolahraga secara teratur

Ketika Anda berolahraga secara teratur setidaknya setengah jam setiap hari, maka hati Anda akan cukup sehat. Beberapa latihan kardiovaskular yang dapat Anda pertimbangkan untuk dilakukanadalah dengan berlari dan berenang. Akibatnya, kinerja libido dan hubungan seksual Anda akan meningkatkan. Selain itu, pasangan Anda akan menghargai pria yang tampak lebih sehat karena tampak lebih ramping dan perkasa.

Baca juga: Beberapa Gerakan Yoga yang Bisa Atasi Impotensi pada Pria

2. Makan sehat

Selain melakukan olahraga secara rutin, Anda perlu makan makanan sehat demi kesehatan seksual Anda. Berikut beberapa makanan sehat yang perlu Anda konsumsi:

  • Salah satu meningkatkan aliran darah ke penis adalah dengan memakan bawang dan bawang putih. Jangan pedulikan efeknya yang menyebabkan bau napas.
  • Tekanan darah rendah baik untuk kesehatan seksual. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan makan makanan yang memiliki kadar kalium yang tinggi. Pisang adalah sumber potasium yang baik.
  • Untuk meningkatkan aliran darah, makan makanan pedas alami seperti cabai karena mereka melawan hipertensi serta peradangan.
  • Cara lain untuk meningkatkan aliran darah di sekitar tubuh Anda adalah dengan mengonsumsi banyak asam omega-3, yang dapat Anda temukan dalam makanan seperti ikan tuna.
  • Untuk memastikan tidak ada keterlambatan dalam pengiriman sinyal dari otak Anda ke jantung atau penis, makanlah makanan yang mengandung vitamin B1. Anda dapat menemukannya dalam makanan seperti kacang dan daging.
  • Kurangi tingkat stres Anda dengan makan telur, yang menyeimbangkan kadar hormon Anda.

3. Kelola stres Anda

Stres menurunkan tingkat libido. Ini juga secara negatif membuat detak jantung Anda menjadi lebih tinggi, yang mengarah ke tekanan darah yang lebih tinggi akibatnya mengurangi tingkat kinerja serta keinginan untuk seks. Namun, itu tidak semua malapetaka dan kesuraman karena stres. Anda dapat mengelola stres dengan berolahraga, dan mendiskusikan masalah stres dengan passangan. Dengan mengelola stres, Anda juga akan menghindari beberapa kebiasaan terkait yang dapat membahayakan kehidupan seksual Anda. Kebiasaan tersebut termasuk merokok tembakau dan asupan minuman beralkohol.

4. Berjemur di bawah sinar matahari

Hormon yang disebut melatonin membuat orang tertidur lelap. Sayangnya, itu juga menurunkan hasrat untuk bercinta. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar melatonin minimal dengan berjemur di bawah sinar matahari. Sangat penting untuk mendapatkan paparan sinar matahari, terutapa saat pagi hari. Dengan cara ini, Anda akan mengurangi melatonin dan meningkatkan rasa lapar Anda.

6. Pijat

Pijat adalah contoh sempurna tentang cara meningkatkan aliran darah ke penis. Ketika Anda memijat penis dan area di sekitarnya, lebih banyak sirkulasi darah ke area ini akan meningkat. Pijat harian berulang-ulang membuat Anda memiliki lebih banyak energi seksual dan ini pasti akan meningkatkan kehidupan seks Anda. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa pijatan tidak tergesa-gesa. Lakukan dengan kecepatan yang nyaman untuk waktu yang lama.

Baca juga: 5 Cara Memberikan Pijatan yang Benar untuk Mendongkrak Gairah Seks

7. Hindari alkohol, tembakau dan narkoba

Obat-obatan memiliki efek negatif terhadap tubuh. Misalnya, tembakau mengurangi efisiensi aliran darah dengan menyempitkan pembuluh darah. Dengan cara ini orang yang merokok tembakau tidak dapat mencapai potensi ereksinya seperti non-perokok. Penting juga untuk dicatat bahwa bahkan obat yang diresepkan pun dapat berdampak buruk pada kesehatan seksual Anda.

Jika bisa, gunakan obat herbal; tetapi penting untuk mendiskusikan ini dengan dokter sebelum benar-benar melakukannya. Ketika Anda mengetahuicara melancarkan peredaran darah ke penis, mulailah berhenti minum alkohol dan tembakau.

8. Coba pengobatan herbal

Ginseng adalah ramuan berasal dari China yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan disfungsi ereksi. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan ginseng adalah solusi cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat dan karenanya membuat seseorang mendapatkan potensi ereksi penuh dan tetap kuat lebih lama. Pria yang telah mencobanya merasakan libido dan ereksi lebih keras.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara melancarkan aliran darah ke penis? Sila praktikkan mulai dari sekarang ya, Teman Sehat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi