4 Cara Melakukan Seks dengan Pasangan yang Positif HIV

doktersehat-masalah-pasangan-seks

DokterSehat.Com – Tidak ada orang di dunia ini yang menginginkan dirinya terinfeksi HIV. Namun, virus HIV tetap bisa menular dengan mudah melalui banyak cara termasuk jarum suntik dan aktivitas seks yang tidak sehat di masa lalu.

Setelah mengetahui orang lain atau pasangan terkena HIV, kita sering berpikir dengan masa depan aktivitas seks. Dengan kondisi ini, seks tentu tidak bisa dilakukan lagi. Benarkah demikian?

Jawabannya adalah tidak. Orang dengan HIV masih bisa hidup dengan sehat asal rutin mengonsumsi obat yang diberikan. Selain itu, mereka juga tetap bisa berhubungan seks dengan pasangan. Begini cara yang bisa dilakukan.

1. Lakukan komunikasi dengan pasangan

Dengan saling terbuka, pasangan akan tahu bagaimana cara bersikap yang benar dan bagaimana kehidupan akan di jalankan di kemudian hari. Orang dengan HIV masih bisa bertahan selama belum menjadi AIDS.

Jadi, saling memberi semangat wajib dilakukan. Selanjutnya, seks masih bisa dilakukan meski kesempatan mendapatkan keturunan akan sulit dilakukan karena bisa membuat pasangan tertular.

2. Menggunakan kondom

Aturan wajib sebelum bercinta dengan pasangan adalah menggunakan kondom. Dengan kondom, kesempatan virus menular pada pasangan akan kecil dan aktivitas seksual bisa berjalan dengan lancar.

Pilih kondom yang benar-benar kuat dan anti bocor. Selanjutnya gunakan cairan pelumas berbahan air untuk memudahkan penetrasi dan menghindari kondom rusak saat digunakan.

3. Hindari seks oral yang tidak aman

Penularan HIV melalui seks oral memang kecil. Meski demikian, kemungkinan terjadi infeksi masih tetap ada sehingga menggunakan kondom adalah pilih yang tepat dan satu-satunya alternatif yang bisa dilakukan.

4. Tetap mengonsumsi obat

Untuk mengecilkan peluang virus menular, seseorang yang memiliki HIV pada tubuhnya harus tetap rajin mengonsumsi obat. Dengan konsumsi rutin, tubuh akan tetap kuat dan seks bisa berjalan dengan lancar.

Kalau Anda memiliki pasangan dengan HIV positif, masihkah mau melakukan aktivitas seks secara sehat?