Terbit: 1 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak diragukan lagi bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Memberikan ASI untuk bayi dengan cara menyusui dapat memberikan manfaat luar biasa bagi perkembangan bayi. Selain menjadi makanan utama bagi bayi, ASI juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Nah, bagaimana ASI bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi?

4 Cara ASI Membentuk Kekebalan Bayi

Manfaat ASI bagi sistem kekebalan tubuh

Banyak orang tua beranggapan bahwa ASI hanya akan bekerja maksimal meningkatkan daya tahan tubuh bayi ketika ia sakit. Namun sebenarnya ASI bekerja tidak hanya ketika bayi menderita sakit. Dikutip dari Belly Belly, berikut ini beberapa cara ASI dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil:

1. Memperbesar kelenjar thymus
Kelenjar thymus adalah kelenjar yang berada di tenggorokan bayi. Kelenjar ini bertanggung jawab untuk pembentukan sel T yang melawan virus dan penting bagi kekebalan tubuh. Saat bayi organ ini akan bertambah besar, lalu mulai menyusut ketika usia puber.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi yang minum ASI memiliki kelenjar thymus lebih besar dari bayi yang tidak minum ASI. Hal ini juga berpengaruh pada kekebalan tubuh bayi. ASI merupakan stimulan yang mendukung kemampuan kelenjar thymus untuk menyuplai lebih banyak sel T selama awal kehidupan bayi.

2. ASI meningkatkan kekebalan lokal
ASI mengandung banyak kandungan anti infeksi dan anti inflamasi. Para ahli menduga bahwa ini merupakan penyebab mengapa bayi dengan susu formula sering mengalami peningkatan risiko infeksi saluran kemih. Ini adalah bukti bahwa ASI menginduksi kekebalan pada bayi yang minum ASI karena mendapat asupan protein yang baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. ASI disertai bakteri baik
Bayi yang menyusu dapat mentransfer bakteri dari kulit ibu dan bakteri yang berada di dalam ASI. Bakteri jenis ini adalah bakteri yang bermanfaat bagi kinerja usus sehingga baik bagi pencernaan bayi. Selain itu ASI juga mengandung berbagai bakteri lainnya yang baik untuk merangsang sistem kekebalan bayi.

4. ASI meningkatkan toleransi oral
Toleransi oral adalah ketika sistem kekebalan tidak bereaksi ketika organ oral melakukan kontak pada hal-hal yang seharusnya tidak berbahaya. ASI mengandung banyak a;ergen potensial yang berasal dari lingkungan ibu dan dapat membantu meningkatkan kekebalan anak, khususnya dari toleransi oral.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi