Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah apa yang menjadi buah favorit Anda? Indonesia sebagai negara tropis memiliki berbagai jenis buah-buahan yang kaya rasa. Diantara berbagai jenis buah tersebut, ada beberapa jenis buah yang dianggap unggul karena kandungan gizinya yang tinggi.

4 Buah Tropis yang Super Sehat

Menurut Karen Ansel, dietitian dari Academy Nutrition and Dietetics, pemilihan buah yang beragam tentu akan membuat asupan zat gizi tubuh, utamanya vitamin dan mineral, menjadi lebih beragam pula.

Buah-buahan tropis tentu akan memberikan rasa dan gizi yang berbeda dari buah-buahan non tropis. Untuk itu Ansel menyebutkan, beberapa jenis buah tropis yang kaya gizi, di antaranya:

1. Pepaya

Anda termasuk penggemar pepaya? Daging buahnya yang berwarna merah oranye menunjukkan bahwa buah pepaya kaya akan vitamin A dan C. Selain itu kandungan beta karoten yang ada pada pepaya mampu diserap lebih baik oleh tubuh. Hal ini tentu saja baik bagi kesehatan dan fungsi mata. Vitamin C pada buah pepaya berfungsi untuk kesehatan kulit dan imunitas tubuh.

2. Jambu

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Dibandingkan dengan jenis buah lain, jambu memiliki kandungan serat yang paling tinggi. Hal ini tentu saja membuat jambu menjadi buah yang baik untuk kesehatan pencernaan hingga mampu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah tubuh.

3. Mangga

Siapa yang tidak suka mangga? Buah yang manis ini menjadi favorit banyak orang tidak hanya karena rasanya namun juga karena kaya kandungan gizi, utamanya vitamin C. Kandungan vitamin C yang ada pada mangga disebut mampu meningkatkan imunitas tubuh lebih baik dibandingkan buah lain.

4. Alpukat

Tidak hanya rasanya yang khas, buah alpukat memiliki kandungan lemak baik yang tinggi, serta kaya akan vitamin E. Lemak tidak jenuh MUFA pada alpukat akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sedangkan vitamin E baik untuk kesehatan kulit.

Empat jenis buah di atas tentu bisa diolah menjadi berbagai variasi misalnya jus, es buah atau puding yang tidak hanya segar namun juga bermanfaat untuk tubuh.

Nah, di antara keempat jenis buah di atas, mana yang menjadi buah favorit Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi