Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak usia balita masih sulit untuk mengendalikan emosinya, sehingga kadang sering membantak Anda atau anak lain. Namun selain karena perkembangan emosi yang belum stabil, anak yang suka membentak juga bisa disebabkan oleh kebiasaan di rumah lho!.

4 Alasan Mengapa Anak Sering Membentak

pic credit: david salafia

Penyebab anak sering membentak

Ada beberapa penyebab anak sering membentak. Bisa jadi karena anak merasa terdesak, atau juga karena anak memiliki temperamen yang kurang baik. Secara umum, penyebab anak suka membentak di antaranya:

1. Anak sering dibentak
Anak yang suka membentak kemungkinan besar disebabkan karena orang tua sering membentak anak ketika mereka melakukan kesalahan. Hal ini membuat anak merasa bahwa dengan membentak, masalah akan selesai lebih cepat dan dapat membuat orang tua berhenti marah-marah.

Sebaiknya hindari membentak anak ya Mom. Akan lebih baik jika ibu mengajak si kecil bicara dan diskusikan masalahnya. Beritahu anak bahwa perilakukanya salah atau tidak baik namun jangan membentaknya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Anak merasa tidak dihargai
Ingat Mom, anak juga bisa merasa bahwa ia tidak dihargai. Ketika anak sudah mencoba membereskan mainan namun masih ada yang tercecer, atau anak sudah mencoba menggambar namun hasilnya menurut Anda belum menarik, maka sebaiknya jangan mencelanya. Anak akan merasa bahwa ia tidak dihargai dan menimbulkan kekecewaan. Apapun hasil karya anak, sebaiknya berikan pujian.

3. Pengaruh tontonan

Tontonan anak saat ini banyak yang mengandung unsur kekerasan seperti membentak, memukuln berkata kasar. Karena itu penting bagi orang tua untuk memilih tontonan yang tepat bagi anak. Selalu dampingi anak saat menonton televisi ataupun video dari internet.

4. Menirukan orang di sekitarnya

Selain meniru orang tua, bisa jadi anak suka membentak karena meniru orang di sekitarnya seperti teman atau orang dewasa yang ia lihat. Ketika Anda mengetahui bahwa anak Anda sedang melihat orang yang gemar membentak, maka segera beritahu anak bahwa membentak bukanlah hal yang baik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi