3J Yang Penting Bagi Diet Penderita Diabetes

doktersehat-3J-diabetes
Photo Credit: Flickr.com/Practical Cures; PracticalCures.com

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar kan tentang istilah 3J? Istilah 3J ini merupakan salah satu hal yang harus diterapkan penderita diabetes dalam pengaturan dietnya. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan 3J?

Seperti yang kita ketahui, ada cukup banyak anjuran yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes dalam pengaturan makanannya. Mulai dari pemilihan jenis bahan makanan, kapan jadwal makan dan berapa jumlah porsi makan yang harus dikonsumsi penderita diabetes.

Untuk memudahkan hal tersebut, dibuatlah istilah 3J yang akan sangat memudahkan penderita diabetes dalam menerapkan prinsip dietnya.

3J merupakan singkatan dari jenis, jumlah dan jadwal, yang dalam penjabarannya adalah sebagai berikut:

1. Tepat jenis makanan

Seperti yang kita ketahui, pemilihan jenis makanan yang tepat bagi penderita diabetes akan sangat membantu terkontrolnya kadar gula darah dalam tubuh.

Penderita diabetes harus memilih dengan tepat jenis bahan makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini dilakukan dengan menghindari pemilihan bahan makanan yang indeks glikemiknya tinggi, seperti gula, sirup, permen, cokelat manis atau buah dengan indeks glikemik tinggi.

2. Tepat jumlah porsi makanan

Tidak hanya jenis, porsi makan tentu juga sangat memengaruhi keberhasilan diet diabetes. Porsi yang tepat untuk penderita diabetes harus disesuaikan dengan kebutuhan energi tubuhnya dengan mempertimbangkan kondisi fisik, usia hingga kondisi kesehatan dan diabetes secara umum.

Hal ini yang kemudian akan menentukan seberapa banyak pembagian porsi makanan, baik karbohidrat, protein dan lemak yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

3. Tepat jadwal makan

Agar kadar gula darah tubuh penderita diabetes selalu terkontrol dan stabil, maka usahakan agar penderita diabetes selalu mematuhi jadwal makan.

Jadwal makan yang tepat adalah makan teratur dalam jeda waktu yang sama. Misalnya makan utama tiga kali dan diselingi makan camilan diantara waktu makan sebanyak tiga kali. Hal ini akan membuat tubuh mendapatkan asupan kalori yang tepat selama selang 2-3 jam sekali.