Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang sudah Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi? Menjaga kebersihan tentu menjadi cara utama dalam menjaga kesehatan gigi. Namun tidak hanya itu asupan gizi juga bisa memengaruhi kesehatan gigi lo.

3 Zat Gizi Untuk Kesehatan Gigi

Seperti yang kita ketahui bahwa gigi umumnya memiliki unsur pembentuk yang mirip dengan tulang. Untuk itu beberapa jenis zat gizi yang mampu menjaga kesehatan gigi adalah zat gizi yang mampu mendukung kekuatan gigi.

Menurut Academy of Nutrition Dietetics, ada beberapa jenis zat gizi yang mampu mendukung kesehatan gigi, yaitu:

1. Kalsium

Sama dengan tulang, kalsium merupakan salah satu zat pembentuk gigi. Kekurangan asupan kalsium rentan menyebabkan gigi menjadi mudah keropos. Untuk itu kita dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi kalsium yaitu susu atua olahan susu misalnya yoghurt atau keju, utamakan yang rendah lemak, kacang kedelai, susu kacang kedelai atau tahu, serta sayur berdaun hijau gelap.

2. Fosfor

Fosfor akan mendukung kekuatan gigi yang baik. Konsumsi makanan yang banyak mengandung fosfor, misalnya ikan, telur dan daging tanpa lemak, tentu akan meningkatkan kekuatan dan kesehatan gigi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Vitamin C

Vitamin C tentu kerap kita konsumsi saat mengalami sariawan. Ya, vitamin C memang terbukti mampu mendukung kesehatan mulut secara umum termasuk gigi. Untuk itu konsumsi makanan tinggi vitamin C misalnya buah-buahan yang asam, tomat atau paprika.

Itu dia tiga jenis zat gizi yang mampu mendukung kondisi kesehatan gigi dengan lebih baik.

Namun, zat gizi tentu tidak bisa berdiri sendiri karena harus diiringi dengan menjaga kebersihan gigi serta tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang cepat merusak gigi, misalnya makanan dengan suhu atau tingkat keasaman yang ekstrim.

Jadi, selain rajin menjaga kebersihan gigi, pemilihan makanan dan zat gizi yang tepat bisa memengaruhi kesehatan gigi, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi