Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti memiliki bentuk tubuh yang berbeda, baik tinggi maupun pendek, gemuk maupun kurus. Akan tetapi, sebagian besar wanita menginginkan bentuk tubuh ideal, yakni tinggi dan langsing. Ternyata, tinggi badan juga mempengaruhi keberhasilan Anda untuk menurunkan badan, karena wanita yang memiliki tubuh pendek cenderung lebih susah menurunkan berat badan dibanding dengan wanita yang memiliki tubuh tinggi. Hal ini dikarenakan wanita pendek memiliki metabolisme yang lebih lambat.

3 Tips untuk Wanita Bertubuh Pendek dalam Menurunkan Berat badan

Photo Credit : pexels.com

Namun, bukan berarti wanita pendek tidak bisa menurunkan berat badan dan identik dengan tubuh gemuk. Pasalnya, ada beberapa tips bagi Anda yang memiliki tubuh pendek agar bisa menurunkan berat badan.

1. Angkat Beban

Latihan angkat beban memang lebih dominan dilakukan oleh laki-laki namun bukan berarti wanita tidak bisa melakukannya. Meskipun sebagian besar enggan untuk melakukan latihan angkat beban karena dianggap dapat menjadikan bentuk otot kekar seperti laki-laki, nyatanya anggapan mereka salah. Latihan ini ternyata cocok untuk Anda yang memiliki tubuh pendek yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan latihan angkat beban dapat membangun otot yang ramping dan aktif secara metabolik. Seorang personal trainer mengatakan bahwa wanita bertubuh pendek bisa melakukan latihan angkat beban dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan menggunakan bobot yang lebih ringan, serta pada satu otot tertentu saja.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Tidak bisa dipungkiri lagi bahan protein merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan, serta bagus  untuk menurunkan berat badan karena sifatnya yang mengenyangkan. Selain itu, protein juga bisa digunakan sebagai pembangun otot bagi Anda yang memiliki metabolisme yang lambat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari olahraga, Anda harus mengonsumsi 0,4 hingga 0,8 gram protein per kilogram dari berat badan Anda dalam sehari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Makan yang Cukup

Cobalah untuk makan dengan cukup dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, sesuaikan makanan yang akan Anda konsumsi dengan tingkat rasa lapar dan kebutuhan energi Anda. Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori yang sama dengan makanan yang dikonsumsi oleh wanita bertubuh tinggi. Karena, wanita bertubuh pendek metabolismenya lebih lama dibanding dengan wanita bertubuh tinggi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi