Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah dan sayur tentu saja merupakan makanan yang sehat. Agar tubuh dapat memperoleh manfaat gizinya dengan maksimal maka kualitas buah dan sayur harus dijaga. Hal ini bisa kita mulai sejak saat melakukan pembelian buah dan sayur.

3 Tips Sehat Membeli Buah dan Sayur

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, buah dan sayur mentah rentan mengalami kontaminasi berbahaya dari bakteri Salmonella, E.Coli, dan Listeria. Hal ini umumnya disebabkan adanya paparan dari tanah selama proses penanaman. Jika tidak cermat maka tentu hal ini bisa menyebabkan keracunan makanan.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui bagaimana cara membeli buah dan sayur yang sehat. Beberapa hal yang perlu kita lakukan adalah:

1. Mengecek tampilan fisik buah dan sayur

Pastikan kita tidak memilih buah dan sayur yang memiliki bagian busuk atau rusak. Perhatikan dengan seksama bagian-bagian buah atau sayur dan pastikan seluruh bagian masih baik tampilannya.

2. Memisahkan buah dan sayur dengan bahan makanan lain

Saat berbelanja bahan makanan selain buah, maka pisahkan buah dan sayur dengan bahan makanan golongan lain, utamanya daging atau telur yang masih mentah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri dari bahan makanan mentah, yang besar risikonya, apalagi jika buah dan sayur mendapatkan paparan langsung dengan bahan makanan lain.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Menyimpan buah dan sayur dalam suhu yang tepat

Jika kita membeli buah atau sayur potong beku, maka usahakan menjaga kualitas suhu bahan makanan dengan segera menyimpannya dalam frezeer saat tiba di rumah. Jika buah atau sayur yang kita beli perlu diletakkan di suhu kulkas maka segera masukkan dalam kulkas dan ingat agar tidak meletakkan sayur dan buah berdekatan dengan bahan makanan lain yang masih mentah.

Nah, itu dia tiga tips saat membeli buah dan sayur, kini kita bisa menjaga kualitas sayur mulai dari saat membelinya ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi