Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar durian? Buah yang dianggap sebagai raja buah ini memang memiliki banyak penggemar, ya.

Penggemar Durian Wajib Tahu! Begini 3 Tips Sehat Makan Durian

Akan tetapi ada cukup banyak orang juga yang ragu untuk mengonsumsi buah durian karena dianggap memiliki kandungan gula dan kolesterol yang berbahaya jika dikonsumsi.

Padahal, kita tetap bisa menikmati buah durian tanpa harus khawatir akan bahayanya, asalkan tahu cara yang tepat saat mengonsumsinya. Lantas, bagaimana sih cara sehat mengonsumsi durian?

Buah durian juga bergizi dan bermanfaat

Meksipun kerap dianggap sebagai buah yang tidak sehat, nyatanya buah durian juga memiliki banyak kandungan gizi yang juga bermanfaat untuk kesehatan, lho.

Ya, buah durian merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang harus dipenuhi kebutuhannya setiap hari untuk mendukung kekebalan tubuh lebih optimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

pantangan makanan asam urat kolesterol tinggi durian

Durian mengandung alkohol

Selain itu, sama seperti buah lainnya, durian juga memiliki kandungan serat, mineral dan fitonutrien.

Daging buah durian yang berwarna putih hingga kuning menunjukkan kandungan antioksidan yang ada pada buah durian yang juga cukup baik.

Hal ini tentu memberikan manfaat untuk tubuh berupa pencegahan terhadap radikal bebas dan penyakit kanker.

Cara sehat makan buah durian

Seluruh kandungan gizi yang ada pada buah durian tersebut merupakan manfaat yang akan kita rasakan jika kita mengonsumsi buah durian dalam jumlah yang tepat.

Konsumsi buah durian yang tepat akan membuat pemenuhan vitamin C dan serat yang optimal sehingga imunitas tubuh semakin terdukung.

Untuk itu, yuk sama-sama kita simak bagaimana sih cara sehat mengonsumsi buah durian di bawah ini!

1. Perhatikan kematangan buah

Dokter di bidang gizi klinis, Samuel Oetoro, menyebutkan bahwa salah satu hal penting yang perlu diperhatikan agar kita bisa mengontrol kadar gula yang ada pada buah durian.

Memilih buah durian yang terlalu matang, ditunjukkan dengan tekstur buah yang sangat lembut hingga dapat dicolek dengan jari, disebutnya sebagai pemilihan buah durian yang kurang tepat.

doktersehat-durian-buah

Hal tersebut menunukkan kandungan gula yang tinggi karena buah durian sudah terlalu matang. Selain itu, utamakan buah durian segar, bukan buah durian yang diolah melalui proses fermentasi agar kandungan alkohol pada buah durian tidak tinggi.

Untuk itu, usahakan agar Anda memilih buah durian yang sudah matang namun daging buah tidak terlalu lembut atau masih mengkal agar kandungan gula tidak tinggi.

2. Selalu kontrol porsi buah

Buah durian merupakan buah yang cenderung musiman di beberapa daerah, hal ini berisiko membuat kita berlebihan mengonsumsi buah durian ketika musimnya tiba.

Kondisi inilah yang menyebabkan konsumsi buah durian kerap berlebihan dan menyebabkan asupan gula yang berlebihan.

Sebaiknya, meskpiun sedang musim durian, Anda selalu membatasi asupan durian.

Jika ingin mengonsumsi buah durian, jadikan sebagai salah satu bagian dari konsumsi buah harian dengan mengonsumsinya tidak lebih dari 80 gram, atau setara dengan 8-10 sendok makan buah durian.

3. Konsumsi buah durian bersamaan dengan minum air putih

Air putih bisa menekan nafsu makan sehingga Anda bisa lebih mengontrol porsi konsumsi buah durian. Selain itu, air putih bisa mendukung pencernaan lebih lancar, hal ini akan membuat metabolisme tubuh lebih optimal setelah mengonsumsi durian.

doktersehat air putih

Photo credit: Pexels

Nah, itu dia 3 tips sehat mengonsumsi durian. Ketiga tips tersebut tentu mudah dilakukan, bukan?

Kini Anda bisa tetap menikmati rasa khas durian tanpa harus mengkhawatirkan asupan gula yang berlebihdan dari durian, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi