3 Tips Sehat Konsumsi Susu Kental Manis

doktersehat-susu-kental-manis-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Karen Neoh

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi susu kental manis? Susu kental manis memang kerap dianggap sebagai salah satu jenis produk susu dan cukup sering kita konsumsi. Namun sebenarnya konsumsi susu kental manis harus diatur dengan cermat, lho.

Ya, susu kental manis memang memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun ternyata, berdasarkan data US Departemenet of Agriculture, susu kental manis merupakan satu-satunya jenis susu dengan kandungan gula yang paling tinggi dan protein yang termasuk rendah dalam satu porsi sajinya, dibandingkan dengan susu bubuk atau susu segar.

Hal inilah yang menyebabkan susu kental manis menjadi salah satu produk yang harus dikonsumsi dengan cermat. Beberapa tips menggunakan susu kental manis dalam konsumsi harian adalah:

1. Tidak menggunakannya sebagai susu minum

Menggunakan susu kental manis sebagai susu minum tidak terlalu dianjurkan. Hal ini disebabkan kandungan gula yang cukup tinggi pada satu porsi minum susu kental manis.

Jika kita menggunakan 3-4 sendok makan susu kental manis sebagai susu minum maka asupan gula dalam tubuh juga akan meningkat. Angka tersebut sudah akan memenuhi lebih dari 65% kebutuhan gula dewasa hanya dengan mengonsumsi satu porsi susu kental manis sebagai susu minum.

2. Gunakan sebagai bahan tambahan kue atau topping jajan untuk pengganti gula

Susu kental manis akan sangat tepat jika digunakan sebagai pengganti gula pada olahan roti, puding atau topping jajanan misalnya pisang atau salad buah.

Penambahan susu kental manis akan memberikan asupan protein yang baik untuk makanan yang kita buat. Namun perhatikan agar tidak menambahkan gula lagi pada makanan tersebut ya.

3. Batasi porsi konsumsi dan pilih susu kental manis rendah gula

Agar asupan gula tidak berlebihan, maka selalu batasi konsumsinya paling banyak satu sendok makan saja. Selain itu, memilih susu kental manis yang rendah gula bisa jadi pilihan yang tepat agar manfaat zat gizi selain gula, yaitu protein, vitamin dan mineral bisa kita rasakan dengan maksimal, kan?