Terbit: 12 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika berolahraga, seluruh otot serta jaringan di dalam tubuh bekerja dengan cukup keras. Saat otot sudah mulai melemah, maka risiko atau kemungkinan cidera akan menjadi lebih besar. Sayangnya, tak banyak orang yang memahaminya sehingga mereka terus memaksa tubuh untuk melakukan latihan.

3 Tips Sederhana agar Cepat Pulih Akibat Cidera Olahraga

Akibatnya bukan kebugaran yang didapatkan, tapi cidera yang cukup memberikan sensasi nyeri. Saat sudah seperti ini, biasanya seseorang mulai enggan untuk berolahraga kembali. Berdalih ingin menyembuhkan cideranya terlebih dahulu lalu mulai latihan atau olahraga lagi. Padahal, walau sedang cidera, Anda tak harus berhenti berolahraga dalam selang waktu lama. Sebab, ada 3 cara mudah yang bisa memulihkan kondisi Anda dari cidera. Berikut diantaranya:

1. Kompres dengan Air Dingin

Cara ini begitu banyak digunakan oleh atlet professional. Saat salah satu bagian tubuh sedang cidera, usahakan mengompresnya dengan air dingin atau es. Konsep penggunaan teknik cukup sederhana, yaitu mengembalikan kondisi pembuluh darah. Seperti diketahui, saat sedang cidera, pembuluh darah Anda akan mengalami pembengkakan. Selain itu, dengan mengompresnya menggunakan es, maka sensasi nyeri dapat sedikit dihilangkan.

2. Elevation

Mungkin sedikit asing, tapi tips ini memang cukup ampuh dalam memulihkan kondisi tubuh yang sedang cidera. Praktiknya pun sederhana, yaitu meletakkan bagian yang cidera berada lebih tinggi daripada posisi jantung. Misalnya, Anda mengalami cidera pada bagian kaki. Maka Anda harus mengangkat kaki setinggi mungkin sehingga posisinya di atas jantung. Tujuannya sederhana, hanya ingin mengembalikan darah ke jantung.

3. Tetap Bergerak

Saat Anda sudah melalui dua tahapan di atas. Maka yang terakhir adalah jangan pernah diam, terlebih malas-malasan. Sebaiknya Anda tetap latihan namun dalam takaran yang ringan saja, misalnya gerakan pemanasan atau sekedar berjalan santai. Hal ini dimaksudkan untuk melatih otot-otot yang kaku akibat pembengkakan tersebut. Dengan sering dilatih, maka rasa nyeri akan hilang perlahan dan Anda pun terbebas dari cidera.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi