3 Tips Pilihan Makanan Agar Usus Sehat

yoghurt-doktersehat
Source: The Daily Mash

DokterSehat.Com– Jarang kita perhatikan, namun kesehatan usus sangat memengaruhi penyerapan zat gizi. Jika usus kita tidak sehat, maka tentu zat gizi tubuh kita tidak bisa dimetabolisme dengan baik.

Kondisi usus memang tidak secara langsung dipengaruhi oleh makanan karena dalam usus yang berperan penting adalah mikrobiota atau yang sering kita sebut bakteri baik usus.

Namun, pemilihan makanan yang tidak tepat untuk kondisi usus akan membuat ketidakseimbanagan bakteri baik dan jahat di susu, hal ini terbukti meningkatkan risiko terjadinya irritable bowel diseases, arthritis, kanker dan obesitas.

Sehingga kita perlu melakukan pemilihan makanan yang tepat agar mikrobiota dalam usus bisa seimbang dan terbentuk dengan baik.

Menurut pakar kesehatan dari Mayo Clinic, Jason S. Ewoldt, umumnya mikrobiota usus yang baik dapat dibentuk dengan pemilihan beberapa jenis makanan, yaitu:

  1. Makanan dengan kultur atau senyawa aktif tertentu

  2. Beberapa makanan memiliki kandungan senyawa atau pemrosesan tertentu, yang berfokus membentuk mikrobiota pada usus, misalnya yoghurt, kimchi atau kombuchca.

  3. Makanan dari tumbuh-tumbuhan dan whole grains

  4. Kedua makanan ini memiliki banyak kandungan karbohidrat kompleks yang tidak langsung dicerna tubuh. Karbohidrat kompleks ini akan mendukung pembentukan mikrobiota untuk usus lebih baik dibandingkan dengan karbohidrat sederhana yang mudah cerna. Selain itu,buah, sayur dan kacang-kacangan dari tanaman memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh

  5. Mengurangi asupan makanan yang diproses

  6. Umumnya makanan yang diproses dengan banyak gula, garam dan lemak tidak mendukung pembentukan mikrobiota yang baik. Selain itu asupan gula yang berlebihan memberikan kondisi yang kurang baik untuk mikrobiota di usus.

Usus yang sehat tidak hanya mendukung penyerapan dan metabolisme gizi, namun juga akan membuat struktur dan fungsi usus terjaga dengan baik sehingga kita terhindar dari penyakit.

Jadi, dengan pemilihan makanan yang tepat untuk kesehatan usus, kesehatan tubuh kita jadi lebih terjaga,kan?