Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi beberapa pasangan, usaha untuk memiliki anak kedua ternyata tidak semudah memiliki anak pertama. Kondisi ini dikenal dengan istilah secondary infertility atau infertilitas sekunder. Bagi Anda yang sedang berencana untuk memiliki anak kedua, tak perlu khawatir karena Anda masih memiliki harapan untuk mewujudkannya.

3 Tips Mudah Untuk Memiliki Anak Kedua

Tips mudah memiliki anak kedua

Memiliki anak merupakan anugerah luar biasa dalam hidup. Banyak pasangan yang berjuang untuk memiliki anak dengan berbagai cara mulai dari program hamil atau bayi tabung. Bagi Anda yang sedang mencoba memiliki anak kedua, Anda bisa mencoba cara berikut ini:

1. Memperbaiki pola makan
Salah satu hal yang mungkin dilupakan oleh para wanita ketika mempersiapkan kehamilan kedua adalah perubahan berat badan setelah melahirkan anak pertama. Banyak ibu yang tidak berhasil mengembalikan berat badan ke angka semula sehingga ketika mulai program hamil anak kedua, mereka memulainya di angka berat badan yang berlebih. Kondisi berat badan berlebih dapat memengaruhi hormon kesuburan, karena itu Anda perlu menjaga berat badan Anda dalam angka ideal.

Mulailah mempersiapkan diri Anda dengan gaya hidup sehat mulai dari pola makan gizi seimbang sehingga fungsi sel dan hormon dapat berfungsi dengan baik.

2. Konsumsi asam folat
Jika diperlukan, konsumsilah asam folat sesuai kebutuhan. Asam folat juga dapat meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Selain itu asam folat juga dapat membantu meningkatkan ovulasi. Asam folat banyak ditemui di sayuran berwarna hijau seperti asparagus, brokoli, jus tomat, pepaya dan pisang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Jauhi alkohol, kafein dan rokok
Alkohol, kafein dan rokok dapat memengaruhi kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Jika Anda ingin menjalankan program hamil, maka sebaiknya hindari ketiga hal tersebut.

Selain ketiga cara di atas, Anda dapat rutin berolahraga untuk menciptakan kondisi yang rileks dan meningkatkan metabolisme tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi