Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rokok adalah sebuah produk olahan tembakau yang mengandung banyak senyawa kimia berbahaya bagi kesehatan seseorang. Baik perokok aktif maupun pasif sama-sama memiliki risiko terkena penyakit mematikan seperti kanker, stroke, jantung, impotensi, hingga paru-paru.

3 Tips Mengurangi Dampak Negatif dari Asap Rokok

Namun, yang paling banyak diderita oleh perokok adalah penyakit paru-paru. Hal itu dikarenakan kepulan asap rokok yang dihirup oleh hidung secara terus-menerus. Bukan hanya bagi perokok aktif, kepulan asap itu juga bisa mencemari udara di sekitar sehingga merugikan orang lain juga.

Namun, kadang juga kita tak sampai hati menegur orang merokok di sekitar kita. Terbebih di zaman yang serbab bebas ini, kita pun cukup sulit untuk menghindar dari kepulan-kepulan asap rokok yang tercipta di mana-mana.  Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuknya, Anda harus melakukan perawatan diri sebaik mungkin agar terhindar dari penyakit rokok, seperti penyakit paru-paru. Apa saja caranya? Berikut diantaranya:

  • Perbanyak Nutrisi Omega 3

Sampai saat ini banyak pakar yang menyarankan penderita paru untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3. Sebab, terbukti bahwa penderita paru mengalami penurunan serum, serta perbaikan kondisi ketika mengonsumsi omega 3. Adapun makanan yang kaya akan omega 3 adalah ikan salmon, tuna, kacang-kacangan, sayur bayam, brokoli, dan sebagainya.

  • Konsumsi Kedelai

Menurut hasil penelitian di Jepang yang melibatkan 300 pasien sesak napas, terbukti bahwa kedelai mampu memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi penyakit sesak napas kronis. Hal itu dikarenakan kedelai kaya akan flavonoid yang bisa bertindak sebagai anti radang pada paru-paru sehingga menjaga kekuatannya dari serangan asap rokok dan sejenisnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  • Makanan Antioksidan

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3, ternyata penyakit pada paru bisa diatasi dan dicegah dengan banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Hal itu telah dibuktikan dengan hasil riset yang mengatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi buah antioksidan seperti apel, memiliki paru-paru yang lebih sehat daripada orang yang jarang mengonsumsi buah apel. Tidak hanya pada apel, antioksidan juga dimiliki oleh makanan lain seperti wortel, almon, alpukat, sitrus, dan labu.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi