Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menghadapi balita yang suka membantah memang kadang membuat orang tua resah. Namun di sisi lain sebenarnya hal ini adalah tanda dimana anak sudah mampu berpikir kritis dan berani mengungkapkan perasaanya. Bagaimana cara yang tepat untuk menghadapi anak yang senang membantah?

3 Tips Menghadapi Anak yang Suka Membantah

pic credit: david salafia

Tips menghadapi anak yang suka membantah

Anak membantah umumnya terjadi ketika mereka memasuki usia 3-5 tahun. Hal ini menandakan pemikiran anak berkembang pesat sehingga anak cukup percaya diri dan mampu mengeluarkan pendapat dan pemikirannya sendiri. Bagi orang tua yang kadang kehabisan akal menghadapi bantahan dari si kecil, dapat mencoba beberapa trik berikut ini:

1. Beri respon langsung

Ketika si kecil mulai mengungkapkan bantahannya, segera beri respon langsung pada anak. Selain itu jelaskan pada anak mengapa sebaiknya ia tidak membantah. Misalnya, Anda bisa mengatakan: “Kak, kalau bicara dengan Ibu tidak boleh begitu ya, itu tidak sopan.” Kalimat tersebut membuat anak paham bahwa apa yang ia lakukan adalah tidak benar.

2. Tetap pada pendirian
Salah satu kondisi yang membuat anak kerap membantah adalah ketika Anda melarang anak untuk melakukan sesuatu, lalu anak membantah. Kadang ketika mendengar bantahan dari anak, banyak orang tua yang merasa luluh mendengarkanya, sehingga melunak pada anak. Hal ini yang menyebabkan anak menjadi sering membantah.

Sebaiknya, jika yang Anda tegaskan pada anak adalah aturan untuk mendisiplinkan anak, maka jangan mudah luluh atau kemudian bernegosiasi dengan anak. Cara ini akan membuat anak tidak disiplin. Jelaskan bahwa bantahan dari anak tidak akan membuat Anda mengubah peraturan dan ingatkan bahwa Anda memiliki peraturan yang disepakatain bersama.

3. Beri hukuman yang wajar

Apabila anak dirasa sudah kelewatan, sebaiknya jangan ragu memberikan hukuman padanya. Namun pastikan hukuman yang diberikan cukup wajar dan masuk akal. Apabila anak bukan hanya membantah namun juga memukul, maka sebaiknya berikan hukuman lebih tegas dengan mencabut semua hak istimewa anak atau berikan time-out pada anak selama beberapa saat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Nah, itu tadi 3 cara yang bisa Anda lakukan jika anak senang membantah. Meskipun tidak mudah dilakukan, namun secara perlahan akan dapat membantu Anda mengurangi sikap anak yang suka membantah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi