Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak bisa dipungkiri, olahraga memang sebuah aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan seseorang. Sampai-sampai semua pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk rutin berolahraga bagi semua orang. Namun, walau begitu banyak manfaatnya, tidak sedikit orang yang enggan dan merasa malas berolahraga dengan berbagai alasan.

3 Tips Menentukan Olahraga yang Tepat untuk Anda

Dari hasil survei yang dilakukan pada 2016 lalu, setidaknya ada dua alasan yang membuat orang menjadi malas berolahraga. Pertama dalah kesibukan kerja dan yang kedua adalah bingung memilih olahraga yang tepat. Nah, jika Anda juga termasuk orang yang malas berolahraga karena alasan tersebut, ada baiknya Anda menyimak tips berikut ini untuk bisa memilih olahraga yang tepat.

Sesuai Kebutuhan

Dalam olahraga, Anda tidak dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan berlebihan atau pun yang menguras tenaga. Anda hanya perlu mengetahui kebutuhan Anda dalam berolahraga. Jika hanya ingin membakar kalori serta membuang racun di dalam tubuh, Anda bisa melakukan olahraga jogging setiap hari. Begitu pula jika Anda ingin membentuk otot atau massa tubuh, maka Anda bisa melakukan latihan angkat beban. Jadi, yang pertama kali harus dipikirkan adalah kebutuhan Anda.

Olahraga Sendiri atau Bersama Teman

Hal ini juga sangat penting, mengingat sifat dan karakter orang berbeda-beda. Jika Anda merasa malu dan tidak bisa fokus saat bersama teman, maka sebaiknya Anda melakukan olahraga sendirian. Begitupula jika Anda mudah jenuh atau bosan, maka Anda harus berolahraga bersama teman atau melakukan olahraga yang

Sesuai Hobi

Pertimbangan ini adalah yang paling penting. Sebab, apapun yang Anda lakukan jika didasari oleh hobi maka Anda akan melakukannya dengan senang hati. Misalnya Anda memiliki hobi bulu tangkis, maka jangan melakukan olahraga lainnya, tapi lakukanlah bulu tangkis. Dengan hobi, Anda pun tidak akan merasa malas lagi saat ingin pergi berolahraga. Jadi, usahakan memilih olahraga yang sesuai dengan hobi Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi