Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bercukur adalah aktivitas yang pastinya lekat dilakukan oleh para pria demi penampilan yang terlihat menawan. Namun tak hanya mencukur rambut di wajah, pastinya ada beberapa treatment yang dilakukan agar kulit tidak sampai rusak atau iritasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aftershave.

3 Tips Membuat Aftershave dengan Bahan Alami di Rumah

Photo Credit: Menshealth.com

Aftershave tak hanya sekedar merawat bekas cukuran, namun juga akan memberikan perawatan dan nutrisi untuk wajah. Kini, treatment tersebut tidak akan terasa mahal karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan alami dan cara mudah berikut ini:

1. Aloe Vera Soothing Aftershave

Campurkan seperempat jus aloe vera, 2 sendok makan minyak almond, 5 tetes minyak esensial lavender, serta 5 tetes minyak esensial orange. Blender semua bahan, dan setelah merata, campurkan 3 sendok makan air suling. Setelah bercampur sempurna, aftershave siap digunakan. Setelahnya, tambahkan 6 tetes minyak esensial rosemary dan frankincense.

2. Witch Hazel Aftershave

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Metode ini cocok digunakan untuk mereka yang memiliki masalah jerawat. Caranya, campurkan 1,5 sendok makan witch hazel bebas alkohol dengan setengah sendok makan gliserin. Tambahkan juga 2-3 tetes vitamin E ke dalam campuran. Kemudian tambahkan pula 1,5 sendok makan air sulung ke dalam campuran, siap digunakan.

3. Mint Aftershave

Jika Anda ingin merasakan sensasi segar setelah bercukur, maka mint aftershave adalah jawabannya. Caranya, campurkan setengah cup mintak kelapa dengan satu sendok makan witch hazel. Blender hingga bercampur dengan sempurna. Kemudian masukkan seperempat cup air suling, dan aduk hingga rata. Setelahnya, tambahkan 3-5 tetes minyak esensial peppermint, 3 tetes eucalyptus dan 3 tetes tea tree essential oils.

Masing-masing metode di atas sangat mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Jangan remehkan hal kecil seperti bercukur, dan mulailah melakukan perawatan maksimal untuk kesehatan kulit. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi