Terbit: 10 April 2018 | Diperbarui: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Komputer memang merupakan sebuah teknologi yang tidak bisa lepas dari pekerja kantoran. Hampir semua karyawan menghabiskan waktunya dengan duduk dan berhadapan langsung dengan komputer. Maka tak heran, jika banyak karyawan kantoran yang mengalami gangguan pada mata, baik itu miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), maupun silinder.

3 Tips Melindungi Mata Saat Menggunakan Komputer

Nah, dari banyaknya gangguan pada mata tersebut membuat sebagian karyawan merasa was-was dan takut jika hal tersebut akan dialami juga. Tapi apalah daya, tuntutan profesi tetap mewajibkan untuk harus berhadapan pada layar komputer selama berjam-jam setiap hari.

Namun, Anda tak perlu khawatir atau berkecil hati dulu. Sebab, ada banyak cara dan tips agar mata Anda tetap terjaga kesehatannya walau setiap hari harus kontak langsung dengan komputer. Apa saja tipsnya? Simak 3 tips berikut ini.

1. Jaga Jarak

Cara ini adalah cara konvensional yang telah terbukti mencegah gangguan pada mata. Sebenarnya, menjaga jarak pandang adalah metode yang diadopsi dari para guru di zaman dahulu. Mereka selalu menjaga jarak saat membaca buku, setidaknya minimal dengan jarak 30 cm agar mata tetap sehat. Nah, pada zaman modern ini, Anda juga bisa mempraktikkannya di kantor dengan memberi jarak pandang sekitar 30 cm sampai dengan 50 cm dari layar komputer.

2. Sering Berkedip

Saat mata terlalu sering menghadap komputer, tentu saja otot serta saraf yang berada pada area mata menjadi lelah hingga menimbulkan sensasi pedih disertai gatal. Itu adalah sebuah isyarat bahwa Anda harus mengistirahatkannya sejenak. Cara istirahatnya pun tidak perlu tidur atau memejamkan mata terlalu lama, tapi cukup dengan sering berkedip. Dengan sering berkedip, air mata yang terletak pada kelopak mata akan tersebar ke seluruh permukaan mata sehingga bisa membersihkan mata secara alami.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Setelah Anda melakukan metode atau cara menjaga kesehatan mata dari luar, maka Anda juga harus menjaganya dari dalam. Cara paling mudah untuk menjaga mata dari dalam adalah dengan mencukupi nutrisi yang diperlukan mata, seperti vitamin A. Vitamin A sendiri bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis sayur dan buah, seperti wortel, tomat, pepaya, dan sebagainya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi