Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kerap tidak kita sadari, kontaminasi makanan ternyata sangat berisiko untuk kesehatan lho. Untuk itu penting bagi kita mengetahui bagaimana cara mencegah terjadinya kontaminasi pada makanan.

3 Tips Cegah Kontaminasi Makanan

Kontaminasi kerap dianggap sepele namun merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya keracunan makanan. Mencegah kontaminasi makanan termasuk dalam satu dari empat hal penting untuk menjaga keamanan makanan.

Menurut, Center for Diseases Control and Prevention cara utama untuk menghindari kontaminasi bahan makanan adalah dengan memisahkan bahan makanan berdasarkan jenisnya. Hal tersebut dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini:

1. Pisahkan bahan makanan berdasarkan jenisnya saat berbelanja

Selalu pastikan bahan makanan tidak tercampur saat sedang berbelanja. Usahakan memisahkan bahan makanan mentah, matang dan kemasan di tas belanja atau sediakan tas yang terpisah untuk masing-masing jenis bahan. Misalnya sayur dan buah, makanan siap makanan seperti makanan kemasan dan makanan kaleng, serta makanan mentah yaitu daging, telur atau seafood.

2. Gunakan alat masak yang berbeda

Selalu sediakan wadah yang berbeda untuk berbagai jenis bahan makanan. Sediakan talenan dan pisau khusus untuk bahan makanan mentah dan bahan makanan matang. Selalu tempatkan buah dan sayur terpisah dari telur, daging atau ikan, baik saat setelah dicuci atau akan dimasak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Pastikan makanan tidak terkontaminasi saat penyimpanan

Letakkan bahan makanan di kulkas sesuai dengan jenisnya. Jika ada tempat khusus buah dan sayur maka simpanlah bahan makanan tersebut di tempatnya. Gunakan wadah tertutup untuk menyimpan bahan makanan mentah dan pastikan bahan makanan mentah tidak berdekatan dengan makanan siap makan, misalnya keju.

Nah, itu tiga tips mencegah terjadinya kontaminasi pada makanan. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi kita harus berhati-hati dalam memilih, mengolah dan meletakkan bahan makanan mulai dari saat berbelanja, saat memasak hingga menyimpannya, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi