Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Keinginan yang sangat besar untuk makanan, atau craving, tentu akan memengaruhi makanan apa yang akan kita konsumsi ya. Meskipun kita sudah sadar bahwa mengonsumsi makanan tidak sehat bisa memengaruhi asupan gizi tubuh, namun kadang jika sudah terlanjur menginginkannya tubuh jadi tidak mampu menolaknya. Lalu harus bagaimana?

doktersehat-lapar-tengah-malam

Umumnya food craving akan muncul ke makanan yang tinggi kalori, natrium atau rasa gurih lainnya serta gula. Misalnya cokelat manis, minuman bersoda atau keripik. Konsumsi jajanan tersebut tentu boleh-boleh saja, akan tetapi jika tidak diatur dan diatasi asupannya bisa berlebihan lo.

Rasa craving kerap muncul tiba-tiba. Untuk mengatasi itu, Taylor Wolfram menyebutkan beberapa tips agar kita bisa mengatasi food craving dengan tepat, yaitu:

1. Alihkan perhatian

Makanan yang tinggi kalori, lemak, gula, dan natrium memang sudah seharusnya kita hindari. Food craving umumnya muncul jika kita merasa sedang bosan atau sedang kesepian. Maka dari itu saat rasa craving menyerang maka ada baiknya kita mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas yang melibatkan orang lain, misalnya mengobrol atau menelepon. Berjalan di sekitar ruangan juga bisa kita lakukan.

2. Menjadwal camilan harian

Pastikan Anda telah mencatat menu makanan utama dan camilan harian yang akan Anda konsumsi. Hal ini akan mendukung asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu, kita akan memiliki pandangan atau bayangan tentang camilan apa yang akan kita rencanakan hari ini, sehingga bayang-bayang makanan tidak sehat saat craving bisa disingkirkan.

3. Membuat catatan jenis makanan saat craving

Bila usaha mengatasi food craving sudah dilakukan, namun food craving masih menyerang. Maka konsumsi makanan tersebut dianjurkan, asal kita mencatatnya dalam catatan makanan craving.
Tujuannya adalah untuk menghindari asupan makanan berlebihan, dengan mencatat kita bisa mengetahui kapan dan apa makanan yang sudah kita konsumsi saat craving terakhir kali agar kita tidak mengonsumsinya terlalu sering.

Nah, itu dia tips untuk mengatasi food craving makanan yang tidak sehat. Selamat mencoba ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi